Sukses

Kista indung telur

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Wanita, 32 tahun.
selamat siang dokter, dok, pada akhir desember tahun lalu saya didiagnosa menderita kista di kedua indung telur saya (kiri berukuran 8cm sedangkan yang kanan 6cm). dokter yang memeriksa saya saat itu menganjurkan untuk segera dioperasi agar saya dapat segera hamil (usia perkawinan saya sudah 1 tahun). namun karena saya tidak cukup memiliki keberanian maka saya mencoba untuk menjalani pengobatan alternatif dulu. hal ini karena saya mendengar cerita dari teman dan pernah membaca artikel di majalah bahwa setelah operasi, kista justru menjadi lebih parah. setelah 2 bulan masa pengobatan, saya melakukan USG kembali dan alhamdulillah ukuran kistanya berkurang namun memang relatif kecil (sekitar 0,5cm). pertanyaan saya, 1. bagaimana caranya meyakinkan diri saya bahwa operasi merupakan jalan yang terbaik atas penyakit saya. 2. saya menderita keputihan dengan warna kuning terang, namun akhir-akhir ini cairannya menjadi berwarna agak kecoklatan terang seperti darah tapi tipis/samar-samar. selain itu, daerah sekitar vagina luar dan vagina bagian dalam kadang terasa gatal sekali. apakah yang menjadi penyebabya ya dok? apakah ini ada kaitannya dengan kista saya yang sudah cukup besar? obat apa yang dapat saya konsumsi untuk meringankan rasa gatal di vagina? ( perempuan, 32 thn,156 cm,56 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

KIsta ovarium atau kista indung telur adalah kantung yang berisi cairan yang ditemukan di ovarium. Selama fase menstruasi, ovarium akan menghasilkan telur dari pematangan kantung yang disebut folikel. Kebanyakan dari kista ini tidak berbahaya atau dibilang sebagai kista yang fungsional. Hanya sekitar 4-10% yang mengalami gangguan kista serius seperti PCOS (Polycystic Ovarian Syndrome). Umumnya kista diikuti oleh gejala lain seperti gangguan menstuasi, nyeri perut bawah, mual, dll.

Kista yang fungsional dapat tumbuh sampai sebesar 6 cm namun umumnya tidak memerlukan terapi dan akan menghilang dalam jangka waktu beberapa bulan. Kista ini hanya memerlukan observasi saja dan memang memerlukan pemeriksaan USG rutin untuk mengawasi pembesaran dari kista. Apabila kista semakin kecil atau menghilang maka tidak akan diperlukan terapi apapun.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan dari Anda :

1. bagaimana caranya meyakinkan diri saya bahwa operasi merupakan jalan yang terbaik atas penyakit saya?

Apabila Anda menanyakan tentang opini, maka yang dapat kami berikan adalah pendapat berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan di dalam dunia medis. Seperti yang kami tuliskan di atas, kista fungsional dimana umumnya berukuran < 5 cm hanya diobservasi dan di-USG setiap 2 bulan sekali. Cara lainnya adalah menggunakan pil kontrasepsi. Penggunaan pil kontrasepsi bisa mengurangi kemungkinan munculnya kista yang baru. Namun pilihan ini sulit dikerjakan bila anda sedang mengharapkan kehadiran seorang anak.

Terapi yang lain adalah tindakan operasi. Pilihan ini dilakukan apabila ukuran kista anda besar (>5cm) dan tampak membesar atau tidak mengecil (ukuran tetap) setelah 2-3 siklus menstruasi. Bila ada rasa sakit dan muncul keluhan lain, maka tindakan operasi dapat dilakukan.


2. saya menderita keputihan dengan warna kuning terang, namun akhir-akhir ini cairannya menjadi berwarna agak kecoklatan terang seperti darah tapi tipis/samar-samar. selain itu, daerah sekitar vagina luar dan vagina bagian dalam kadang terasa gatal sekali. apakah yang menjadi penyebabya ya dok? apakah ini ada kaitannya dengan kista saya yang sudah cukup besar? obat apa yang dapat saya konsumsi untuk meringankan rasa gatal di vagina?

Keputihan atau dalam kedokteran disebut flour albus, adalah cairan yang keluar dari vagina/liang kemaluan (bukan darah).  Keputihan ada 2 macam, fisiologis dan patologis. Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Cobalah untuk terlebih dahulu menjaga kebersihan dan kelembaban daerah vagina Anda. Sering berganti celana dalam 3 kali dalam sehari, hindari celana dalam yang berbahan nilon, celana dalam berbahan katun lebih baik untuk dipakai harian, karena bahan nilon kebanyakan akan menimbulkan hawa lembab.

Selalu keringkan kemaluan setelah BAB dan BAK dengan menggunakan handuk bersih atau tissue. Faktor terpenting ialah selalu menjaga kebersihan alat kemaluan. Apabila keputihan berlanjut maka konsultasikanlah ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi memerlukan pengobatan sesuai dengan kuman penyebabnya. Keputihan tidak ada hubungannya dengan kista.

Sekian jawaban dari kami, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar