Sukses

Menopause dini?

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Wanita, 33 tahun.
Dokter, saya baru saja melakukan tes darah. Oya, saya sudah menikah 6 tahun dan blm hamil juga. Sejak belum menikah haid saya tidak teratur, hingga akhirnya berhenti total sejak 2 tahun lalu. Sepertinya menopause dini. Pada awal2 berhenti sempat ke dokter dan di USG transvaginal, katanya normal saja, tidak ada kista, myom dsb. Tapi memang blm pernah tes hormon. Pernah di HSG di awal menikah (karena saya selalu keputihan) dan tidak ada sumbatan. Hasil tes darah kemarin: LH 55,93, FSH 131,42 dan Prolaktin 26,56 ---- semua diatas angka normal. Estradiol sangat rendah hanya 13,65. Hasil lain: HB 11,1 ; RBC 5,50 jt (lebih tinggi) ; MCV 6,4; MCH 20,2; MCHC 31,6---- semua lebih rendah; LED 1 jam 23 (lebih tinggi) Chol Tot 234(batas tinggi), Trigliserida 218 (tinggi), HDL 49 (normal), LDL 148 (batas tinggi). Kemudian pada urine ditemukan eritrosit 1-3 (darah/heme positif 1) Hasil lainnya normal. Bagaimana makna hasil tes ini dokter, apa yg terjadi di tubuh saya? Mengapa di urin saya ada darah? Berarti saya perlu USG ginjal juga ya dok? Kemudian saya juga melakukan tes tumor marker tetapi hanya CEA dan hasilnya masih normal. Perlukah tes lain tumor marker lainnya? Oya, alm. ibu saya menderita kanker payudara dan kanker liver. Mungkinkah bila menopause dini saya ini karena kanker ovarium misalnya? Terima kasih.( perempuan, 33 thn,153 cm,40 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Meninjau riwayat singkat yang Anda berikan kepada kami, Pada saat ini Anda berusia 33tahun dan sudah 2 tahun tidak mengalami haid. Sementara hasil hormon menunjukkan indung telur (ovarium) Anda tidak berfungsi lagi (artinya Anda sudah  mengalami proses menopause pada usia dini).

Terlihat Anda pernah melakukan proses USG dengna hasil normal. Artinya, secara fisik tidak ada masalah dengan organ reproduksi Anda. Hanya fungsi ovarium saja yang terlampau cepat berhenti. Kami asumsikan tidak perlu lagi pemeriksaan tumor marker lainnya.

Menopause dini antara lain bisa disebabkan faktor kromosom. Guna evaluasi penyebab lebih lanjut, Anda dapat mengonsultasikan kepada dokter ginekolog pada bidang khusus endokrinologi. Mengenai hasil test urine, terlihat tidak ada masalah dan tidak perlu lagi proses USG ginjal.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar