Sukses

Pengaruh obat penyubur

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Wanita, 33 tahun.
Selamat sore dok, saya sudah menikah hampir 2 tahun. Siklus menstruasi saya sejak awal saya menstruasi berlangsung 26-31 hari.Biasanya banyak di hari 1-3 dan hari 6-7 sudah bersih. Tapi bulan ini mens saya sudah berlangsung 15 hari (sampai hari ini ) dan keluarnya sedikit2 dan berwarna coklat/hitam. Bulan lalu saya sempat mengosumsi fertilphen karena ingin segera mempunyai anak. Apakah mungkin ada pengaruh dari obat ini dok? Saya mengosumsi lutenyl agar darahnya cepat keluar dan bersih sudah sampai 5 hari tapi tidak banyak perubahan. Kadar prolaktin saya juga 15.63 apakah masih normal? Karena saya baca kadar prolaktin tinggi dapat diakibatkan karena adanya tumor di dalam tubuh. Mohon bantuannya. Terima kasih sebelumnya Sisca( perempuan, 33 thn,165 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Terlihat Anda sudah menikah 2 tahun dengan siklus haid teratur 26-31 hari. Dengan detil kadar prolaktin normal(15,63) sehingga tidak akan mengganggu siklus haid.

Lama haid 15 hari biasanya menunjukkan telur tidak tumbuh dengan baik pada siklus tersebut, hal ini bisa saja terjadi pada suatu siklus, bukan karena pengaruh obat penyubur (spt.Fertilphen).

Tetapi jika dengan obat seperti lutenyl perdarahan yang ada tidak berhenti juga, maka perlu evaluasi lebih lanjut mengenai dinding rahim untuk mencari tahu apakah ada penyebab lain.

Untuk kehamilannya, secara umum kami menganjurkan untuk memeriksa pula keadaan sperma suami serta saluran telur istri, jika terlihat hasil yang baik,  maka pemakaian obat-obat penyubur (mis:fertilphen) dapat diteruskan selama 6 siklus dengan pemantauan terhadap responsnya.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar