Sukses

Mengatasi Herpes

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Wanita, 17 tahun.
Pagi Dok.. Saya ingin menanyakan seputar penyakit Herpes : Sekarang ini saya mempunyai gejala penyakit tersebut, yaitu gatal dan luka yang berjejer pada pipi saya. pertanyaan saya: 1. Bagaimana Herpes bisa menular? krn ibu saya kemarin juga terserang herpes padahal tdk ada keluarga yg terkena herpes sebelumnya. 2. Bagimana perkembangan herpes pada tubuh manusia? Apakah benar herpes tidak bisa disembuhkan namun hanya di bekukan? 3. Bagaimana menangani herpes? 4. Antibiotik apa yang dapat membekukan herpes? 5. dan Pola hidup yang bagaimana yg dapat mencegah herpes untuk tidak kambuh lagi? Terima kasih Dok,, ( perempuan, 17 thn,153 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Apa kabar ,

Pertanyaan Anda mengenai Herpes, ada 2 jenis Herpes yaitu Herpes Simpleks dan Herpes Zoster. Perbedaan keduanya Herpes Simpleks disebabkan oleh karena virus Herpes simpleks ada tipe I dan tipe II . Tipe I berlokasi didaerah pinggang keatas, tipe II didaerah pinggang keatas. Tapi sekarang ini sering kacau lokasinya karena adanya cara berhubungan seksual, sebab salah satu cara penularannya dapat disebabkan karena hubungan seksual selain dapat karena kontak kulit. Sedangkan Herpes Zoster disebabkan oleh virus Varicella Zoster , yang merupakan Virus yang sama dengan cacar air, jadi bila pernah terkena cacar air yang disebabkan oleh virus varicella zoster, bila daya tahan tubuh sedang drop dapat terjadi herpes zoster. Keluhannya biasanya seperti orang terkena flu dimana dapat terjadi demam, badan pegal-pegal, lemas disertai kelainan kulit berupa bintil-bintil berisi air yang berkelompok dengan kulit yang merah meradang , rasa seperti perih atau panas seperti terbakar.

1. Cara penularan dapat disebabkan karena kontak kulit  misalnya Anda atau Ibu Anda menyentuh tangan / kulit Ibu Anda yang baru saja kontak dengan daerah yang sakit , dibarengi dengan daya tahan tubuh Anda yang sedang tidak fit sehingga Anda mudah tertular virus tersebut .

2. Sampai sekarang tidak ada obat untuk membunuh virus karena sifat penyakit yang disebabkan oleh virus adalah self limmitting disease artinya sembuh dengan sendirinya . Obat yang diberikan oleh Dokter pada penyakit virus mempunyai sifat untuk memutuskan rantai perkembangan virus tersebut , sehingga bila terdapat kondisi dimana daya tahan tubuh kita kembali drop , penyakit tersebut dapat timbul kembali .

3. pengobatan Herpes dengan memberikan pengobatan simptomatik artinya memberikan pengobatan sesuai keluhan, selain diberikan obat anti virus.

4. Antibiotik kadang diberikan pada penyakit Herpes hanya disebabkan untuk mencegah infeksi sekunder saja artinya pada penyakit yang disebabkan oleh karena virus biasanya orang menjadi kurang fit tidak nafsu makan sehingga daya tahan tubuh makin rendah dan muda terkena infeksi bakteri, untuk itulah diberikan antibiotik .

5. Mencegah agar penyakit Herpes tidak kambuh lagi adalah dengan membuat kondisi tubuh Anda selalu sehat sehingga tidak mudah terkena infeksi.

Semoga Anda dan Ibu Anda segera sehat kembali .

Terima kasih atas pertanyaan yang telah Anda ajukan . (ind)

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar