Sukses

Mengatasi gigi karies pada anak

20 Oct 2014, 10:13 WIB
Pria, 31 tahun.
bagaimana mengatasi karies gigi / keropos pada anak-anak. tolong berikan tips atau resep obatnya dok. terima kasih( laki-laki, 31 thn,158 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bpk yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Karies pada gigi anak adalah hal yang kompleks melibatkan banyak faktor. Namun yang dapat saya tekankan di sini adalah pola makan dan kebersihan gigi dan mulut, dan yang tak kalah pentingnya adalah role model atau contoh dari orang tua. 

Pasti sulit untuk sepenuhnya melarang anak untuk jajan terutama bila anak sudah memasuki usia sekolah. Meski tidak dapat dipukul rata, umumnya jajanan di kantin atau sekitar sekolah anak sebagian besar adalah makanan yang tidak sehat, termasuk bagi gigi anak. Jadi boleh saja anak jajan namun anak diarahkan untuk memilih, setidaknya hindari makanan yang konsistensinya lengket dan mudah menempel pada gigi, atau makanan manis dan banyak mengandung zat pewarna buatan.

Bila anak masih minum susu formula menggunakan botol, sebaiknya anak mulai diajarkan perlahan lahan untuk minum susu dari gelas. Kebiasaan minum susu dari botol terutama sebagai pengantar tidur membuat anak sangat rentan mengalami karies terutama di gigi depan atas. Mengenai hal ini sudah banyak dibahas baik di tips kesehatan maupun e-konsultasi Klikdokter. Anda dapat mengklik https://www.klikdokter.com/article/detail/673 untuk membaca artikel tersebut.

Anda juga dapat memasukkan kata kunci 'gigi anak' di fitur Pencarian website Kami di sudut kanan atas halaman depan, kemudian masuk ke Tips Konsultasi.

Gigi anak yang mengalami karies tetap harus dirawat, dan gigi tersebut harus dipertahankan selama mungkin di dalam mulut. Jadi meski akan digantikan oleh gigi permanen, bukan berarti gigi anak (gigi susu) tidak perlu dirawat dan boleh dibiarkan begitu saja karena gigi susu berperan penting sebagai panduan pertumbuhan gigi permanennya nanti.

Demikian jawaban saya, semoga dapat membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar