Sukses

Upaya memperoleh momongan

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 36 tahun.
Dok, kami adalah pasangan suami istri beda kota yg menikah sejak des'06. Setiap bulannya kami usahakan untuk bertemu saat masa subur. Tapi sampai saat ini kami belum mendapat momongan. Saya sudah melakukan test HSG & suami test sperma dan keduanya dinyatakan sehat, baik. Saya juga telah melakukan USG pada hari ke-3 haid dan hasilnya ov. kanan AFC=8, ov.kiri=4 dgn diameter 4mm. Pada bulan juni'07 saya mengalami fkek kecoklatan pada pagi hari dan dilajutkan dgn keluarnya darah disertai gumpalan daging sebesar genggaman anak kecil pada sore harinya. Pada saat itu merupakan hari ke-28 haid. Perlu diketahui bahwa siklus haid saya 26-28 hari. Apakah saai itu saya mengalami keguguran? Apa yg harus kami lakukan agar cepat dapat momongan? Atas perhatian dan jawabannya kami ucapkan terimakasih.( perempuan, 36 thn,153 cm,41 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Dari data yang ada mengani keluarnya darah disertai gumpalan daging sebesar genggaman anak kecil tersebut tampaknya Anda tidak hamil, kemungkinan hanya sekedar gangguan haid.

Banyak cara dan harapan untuk memudahkan mendapatkan momongan. Dalam hal ini, meninjau keadaan fisik usia Anda pada saat ini sudah mencapai diatas 35 tahun, dengan pernikahan yang sudah berjalan lebih dari dua tahun, dan terkondisikan berdomisili pisah dengan suami, serta hasil pemeriksaan infertilitas semua normal; maka kami menganjurkan Anda dan pasangan untuk melakukan program inseminasi inta uterin.

Namun jika masih ditemui kegagalan, diperlukan cara lain, yakni menempuh cara operasi laparoskopi guna mencari kemungkinan penyebab kendala susah hamil tersebut. Lalu kemudian, proses inseminasi dapat ditempuh ulang.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Terimakasih.

dr. Indra N. C. Anwar, SpOG
(Redaksi Pengasuh Rubrik Kebidangan & Kandungan Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar