Sukses

Sumbatan pada saluran telur

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 30 tahun.
Saya hendak bertanya lagi,dok. Saya sudah menikah 1thn 5 bln,dan belum dikaruniai anak. Setelah saya konsul ke dokter, saya disarankan HSG. Hasil HSG mengatakan ke2 tuba saya non paten. Setelah diberi obat, sebulan kemudian saya disarankan melakukan hidro. Pada saat hidro 1, menurut dokter, obat yg masuk hanya 30%. Jadi kalau masih gagal, bisa jadi saya hidro hingga 3X.Saat ini saya sedang mens. Kemungkinan, pada hari 8/9, saya akan melakukan hidro lagi. Dok, apakah dgn hidro, sumbatan saya bisa diperbaiki? Kemudian, bagaimana jika saya gabungkan pengobatan yg diberikan dokter kandungan saya dgn obat2an alami? Saya ingin mencoba minum madu yg dicampur bubuk kayu manis(diminum sebelum tidur). Dan saya juga ingin mencoba minum kalonji(habbatusauda) dlm bentuk kapsul. Cara minumnya pagi-sore @2kapsul. Saya juga dibelikan alat new mag belt power, utk membantu membuka sumbatan. Apakah tdk apa2 jika saya gabungkan pengobatan tersebut,dok?Mohon penjelasannya. Terima Kasih Banyak( perempuan, 30 thn,161 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Sumbatan pada kedua saluran telur umumnya disebabkan oleh infeksi yg terjadi dimasa lalu. Apabila sumbatan terjadi pada bagian pangkal saluran telur, biasanya sulit utk dikoreksi.

Jika sumbatan terjadi pada bagian ujung saluran telur, biasanya masih ada kemungkinan untuk dikoreksi. Satu-satunya cara untuk mencoba memperbaiki saluran telur adalah dengan operasi laparoskopi.

Tidak ada gunanya utk melakukan hidrotubasi apalagi berulang. Demikian pula dengan obat-obatan tidak bermanfaat untuk memperbaiki sumbatan .Disamping itu, faktor sperma suami juga harus dievaluasi untuk menentukan pengobatan yang tepat untuk masalah kesuburan anda. Sekian, semoga membantu.

Terima kasih.

Dr. Indra N. C. Anwar, Sp.OG

    0 Komentar

    Belum ada komentar