Sukses

Obesitas pada anak?

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 25 tahun.
Siang Dok.Untuk berat bayi umur 5 bln perempuan 7 kg apa tidak obesitas dokter????? trs ada lagi pernah sy dengar bahwa imunisasi HIB untuk otak apa benar tidak di perboleh kan di berikan pada saat si bayi blm bisa ngomong karene klo di berikan maka akibatnya bayi tersebur akan idiot, sy gelisah sekali dokter setelah mendengar ada yg ngomong kyk gitu karena bayi sy dlm umur 5 bln sdh di vaksin HIB 2x.Terima kasih dokter atas informasinya.( perempuan, 25 thn,150 cm,42 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Berdasarkan kurva pertumbuhan anak, yang membandingkan berat badan usia, berat badan anak Ibu hanya sedikit di atas persentil 50, artinya masih dalam rentang normal.

Namun, mengetahui status gizi anak sebetulnya sebaiknya ditentukan secara klinis (dilihat secara langsung) atau dengan bantuan perbandingan berat berdasarkan tinggi badan. Jadi, kami juga memerlukan data tinggi/panjang badan anak Ibu. Anak dapat dibilang mengalami obesitas, jika indeks massa tubuh-nya (berat badan dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat), melebihi persentil 95%.

Mengenai imunisasi HiB, tidak ada data bahwa vaksinasi tersebut dapat menyebabkan retardasi mental. Efeks samping yang bisa muncul umumnya bersifat akut, 1 - 2 hari setelah penyuntikan, seperti efek samping lokal pada tempat penyuntikan (merah, bengkak) atau demam/kejang demam yang akan berangsur pulih. Berdasarkan jadwal imunisasi atas rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, imunisasi HiB memang diberikan 4 kali, sejak usia 2 bulan, dengan interval 2 bulan. Ibu dapat mengunduh jadwal imunisasi tersebut pada halaman khusus rubrik Tumbuh Kembang kami: Jadwal Imunisasi.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar