Sukses

Kesemutan pasca stroke

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Pria, 63 tahun.
Selamat malam dok, setelah saya mengalami serangan stroke ringan 14 Desember 2008 ybl, kondisi udah membaik dan masih ada rasa semutan yang tidak hilang2 di tubuh bag kiri, setiap hari saya minum 4 macam obat Tensivacs , Cardio Aspirin tgl ganjil, Plavix tgl genap dan Megabal untuk mengurangi rasa semutan. Yang saya tanyakan apa rasa semutan itu bisa hilang dikemudian hari ?? Apa efek samping obat2an tsb saya minum terus menerus atau seumur hidup?? Terima kasih dokter( laki-laki, 63 thn,165 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Stroke (Penyakit Serebrovaskuler) adalah kematian jaringan otak (infark serebral) yang terjadi karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak. Stroke bisa berupa iskemik(sumbatan) maupun perdarahan (hemoragik).

Kesemutan terjadi jika syaraf dan pembuluh darah mengalami tekanan.  Penyebab lain dari kesemutan dapat terjadi akibat dari gangguan pada saraf tepi, otot, sumsum tulang belakang, atau bahkan otak. Penyebab kesemutan akibat penyakit lain diantaranya adalah diabetes melitus, stroke, Carpal Tunnel Syndrome, gangguan jantung, dan rematik.

Kesemutan yang Anda alami kemungkinan disebabkan karena gangguan otak atau saraf tepi ketika Anda mengalami stroke terdahulu. Kesemutan dapat hilang namun akan tergantung dari seberapa besar kerusakannya.

Obat tersebut memang harus Anda minum seumur hidup guna mencegah terjadinya kembali stroke berulang. Cardioaspirin dan plavix dapat menyebabkan pengenceran darah (salah satu tujuannya memang untuk mencegah darah mudah membeku agar tidak terjadi kembali stroke). Karena itulah Anda akan dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan rutin laboratorium untuk melihat normalitas dari kekentalan darah Anda.

Tensivast sendiri merupakan obat antihipertensi yang memang terbukti aman digunakan seumur hidup. Megabal berisikan zat aktif mecobalamin yang digunakan sebagai sumber vitamin B12 (vitamin saraf) dan sebagai terapi dari periferal neuropati atau kesemutan seperti yang Anda rasakan. Semua obat-obatan ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi seumur hidup asalkan fungsi hati dan ginjal Anda berada di dalam batan normal. Hati akan memetabolisme obat-obatan dan ginjal akan mengeluarkan hasil sisa metabolisme yang tidak dipakai oleh tubuh.

Kami sarankan agar Anda teratur kontrol ke dokter guna mengevaluasi efek dari obat tersebut dan efektivitasnya. Jagalah kondisi tubuh Anda dengan pola hidup sehat, dalam hal ini adalah makan sehat dan olahraga untuk mencegah bangkitnya kembali penyakit degeneratif. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar