Sukses

Flu singapura

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 29 tahun.
Anak saya laki-laki usia 2 tahun lima bulan, kemaren panas sampai 39 derajat. bibirnya dan sekitar mulut bentol2 merah seperti sariawan, keesokan harinya dibawa ke dokter karena kasihan tidak mau makan ataupun minum. kata dokter mudah2an hanya demam biasa, tapi dia bilang takutnya Flu Singapura.... kalau ada bercak2 meah ditelapak kaki, kebetulan anak saya tidak ada bercak di telapak kaki tetapi hanya di tangan saja. mohon untuk informasinya mengenai flu singapura itu seperti apa dan penyebabnya apa.... terima kasih( perempuan, 29 thn,154 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. "Flu Singapura" sebenarnya adalah penyakit yang didunia kedokteran dikenal sebagai Hand, Foot, and Mouth Disease (HFMD) atau penyakit Kaki, Tangan dan Mulut ( KTM )

Penyebab
Penyakit KTM ini adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh virus RNA yang masuk dalam famili Picornaviridae, Genus Enterovirus dimana penyebab paling sering pada pasien rawat jalan adalah Coxsackie A16, sedangkan yang sering memerlukan perawatan karena keadaannya lebih berat atau ada komplikasi sampai meninggal adalah Enterovirus 71.

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. KTM adalah penyakit yang umum  pada kelompok masyarakat padat penduduk dan menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 tahun ( kadang sampai 10 tahun ). Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, pilek, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta.

Gejala Klinis
Mula-mula demam tidak tinggi 2-3 hari, diikuti sakit di leher, tidak ada nafsu makan, pilek, gejala seperti flu pada umumnya. Timbul vesikel (benjolan berisi air) yang kemudian pecah, ada 3-10 ulcus (perlukaan) di mulut seperti sariawan ( lidah, gusi, pipi sebelah dalam ) terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Bersamaan dengan itu timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh kemerahan/blister yang kecil dan rata), papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki, kadang ada dibokong. Penyakit ini membaik sendiri dalam 7-10 hari.

Terapi
o Istirahat yang cukup
o Pengobatan spesifik tidak ada
o Pengobatan simptomatik atau mengurangi keluhan seperti cairan, antipiretik (untuk demam), antiseptik daerah mulut


Penyakit ini adalah self limiting diseases atau akan sembuh sendiri dalam 7-10 hari, pasien perlu istirahat karena daya tahan tubuh menurun. Pasien yang dirawat adalah yang dengan gejala berat dan komplikasi. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar