Sukses

Oligomenorea dan kehamilan

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 24 tahun.
Langsung saja dok. Usia saya 24 thn, saya menikah sudah 9bln. Saya ingin cepat hamil tetapi saya mempunyai kendala pada siklus haid saya. Hari pertama haid : 9 Mar'08, 14 Apr'08, Mei tdk mens, 25 Jun'08, 20 Jul'08, 21 Agst'08, 20 Sep'08, Okt tdk mens, 7 Nop'08, Des tdk mens, 12 Jan'09, 14 Feb'09, Mar tdk mens, & terakhir 2 Apr'08. Yg saya tanyakan bgmn menghitung masa subur saya & apa yg sebaiknya saya lakukan supaya saya bisa hamil. Terima kasih( perempuan, 24 thn,163 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Rumus perhitungan masa subur hanya dapat diterapkan untuk mereka dengan siklus menstruasi teratur dan normal. Siklus menstruasi normal berkisar dari 21-35 hari. Siklus menstruasi Anda saat ini tidak teratur dan cenderung ke arah oligomenorea atau siklus menstruasi > 35 hari.

Untuk kasus oligomenorea, akan sulit memperkirakan masa subur melalui perhitungan. Cara yang cukup baik adalah memperhatikan tanda-tanda terjadinya ovulasi seperti lendir serviks menjadi bening, lengket, dan agak banyak dan memperhatikan peningkatan suhu tubuh 0,5 - 1 derajat dibandingkan dengan sebelumnya.

Apabila ingin memiliki keturunan maka lakukanlah hubungan intim rutin 2-3 kali/minggu, banyak makan makanan bergizi dan yang mengandung asam folat, istirahat teratur, dan jangan stres. Hindari obat-obatan dan minuman keras. Berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan untuk melakukan pemeriksaan rutin  hormonal dan alat reproduksi Anda. Dan jangan lupa, banyak-banyaklah berdoa. Sekian, semoga membantu. (TRH)

 

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar