Sukses

Bercak-bercak coklat: Artinya?

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok saya ingin b'tnya..pd bln kmrn sy haid tnggal 9 maret, pd bulan ini sy blum mndptkn haid..namun pd tnggl 10 april sy mngluarkn bercak2 coklat n trjdi hnya 1 hr.tp stlh itu sy keputihan trz smpai skrng kdng kputihan'y kuning gelap.knp yah dok, sblum'y tnggl 11 sy cb tes mnggunakan tespack nmun hsil'y negatif n sy pun tdk mrsa mual..kdng klo trlalu lelah perut sy trsa skit..sy knp yah dok..?terimakasih( perempuan, 21 thn,162 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebetulnya lama siklus menstruasi yang normal adalah antara 21 - 35 hari, sehingga mentruasi yang maju atau mundur 1 minggu masih normal. Jika sudah terlambat melebihi 1 minggu, bisa saja sudah terjadi pembuahan sel telur Ibu (hamil). Bercak-bercak coklat yang keluar pada tanggal 10 April 2009 tersebut kemungkinan berupa darah implantasi (menempelnya sel telur yang telah dibuahi pada lapisan dalam dinding rahim).Implantasi terjadi sekitar 1 minggu setelah terjadi pembuahan.

Test pack mendeteksi hormon ß-hCG yang ada di urin. Hormon ß-hCG dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% wanita. Semakin besar usia kehamilan, kadar ß-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, dan kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar. Pada usia kehamilan 3 minggu kadar ß-HCG sudah mencapai 18-7340 IU/L, dengan demikian kemungkinan hasil positif yang didapatkan pada test pack semakin besar. Karena itu, bila setelah 2 minggu dari sekarang Ibu belum menstruasi juga, cobalah melakukan pemeriksaan urin dengan test pack lagi. Jika hasilnya positif, maka kemungkinan hamil lebih besar.

Apapun hasil test pack-nya, atau setelah 2 minggu Ibu belum menstruasi juga, sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan kehamilan dengan pemeriksaan ultrasonografi atau mencari penyebab keterlambatan menstruasi lain.

Mengenai nyeri pada perut, diperlukan informasi tambahan, terutama mengenai lokasi pasti nyeri serta jenis nyeri yang dirasa. Di dalam perut terdapat berbagai macam sistem organ, lokasi nyeri dapat mengindikasikan sistem organ mana yang terkait. Apakah nyeri berhubungan dengan pola makan atau siklus menstruasi?

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar