Sukses

Kemaluan timbul jerawat dan keputihan

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 19 tahun.
siang dok.saya mau nanya kenapa terkadang di kemaluan saya ada benjolan seperti jerawat,,dan kalau di pegang agak sakit.apakah itu normal aja dok atau saya terkena penyakit apa? trs jg saya sering mengalami keputihan seperti bau dan kdg keluar cairan.bagaimana cara mengatasinya dok?terima kasih sebelumnya dok( perempuan, 19 thn,166 cm,87 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Apa kabar ,

Keluhan Anda , dimana di daerah kemaluan Anda timbul seperti jerawat , paling sering disebabkan oleh karena infeksi kelenjar . Didaerah mulut kemaluan wanita terdapat kelenjar yang disebut dengan kelenjar Bartholin , apabila saluran kenjar tersebut tersumbat akan menyebabkan benjolan seperti jerawat dan karena daerah sekitar kemaluan lembab sering terjadi infeksi sehingga rasa sakit itu disebabkan oleh karena infeksi kelenjar Bartholin atau disebut dengan Bartholinitis .

Cara pengobatan dengan membersihkan daerah sekitar kemaluan dan diberikan antibiotik . Sedangkan keputihan yang Anda alami , yang disertai bau dan keluar cairan . Yang perlu diperhatikan adalah warna cairan , kekentalan , apakah disertai gatal ? , disertai bau seperti apa ? . Karena bila ada perubahan warna dan bau , menandakan bahwa Anda sedang terinfeksi , sedangkan jenis infeksi apakah itu karena jamur atau bakteri atau protozoa perlu ada pemeriksaan lebih lanjut .

Yang pertama perlu Anda lakukan bersihkan dan jaga kondisi sekitar kemaluan tetap kering , Anda dapat membersihkan daerah sekitar kemaluan dengan menggunakan cairan pembersih dengan PH 3 - 4 sesuai Ph daerah sekitar kemaluan , juga hindari pemakaian pantiliner yang berkepanjangan .

Apabila hal tersebut masih juga belum menolong , segeralah berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan untuk dievaluasi .

Terima kasih atas pertanyaan yang telah Anda ajukan . ( ind )

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar