Sukses

Pertumbuhan Gigi & Sulit Makan?

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 29 tahun.
Anak saya berumur 16 bulan. sudah bisa melangkah tapi cuma sampai lima langkah. apakah dia termasuk kategori sudah bisa jalan? saat ini, geraham depan (atas bawah) tumbuh bersamaan. apakah berhubungan dengan kondisinya yang susah makan? terim kasih.( perempuan, 29 thn,154 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Walaupun baru 5 langkah, anak Ibu berarti sudah dapat berjalan. Lama-lama, setelah keseimbangannya lebih baik, jumlah langkahnya pun akan lebih banyak, dan makin cepat melangkah. Menurut kami,tidak ada hubungannya antara gigi geraham atas-bawah yang tumbuh bersamaan dengan sulit makan pada anak Ibu.

Perlu diingat bahwa nafsu makan anak 'badut' (bawah dua tahun) umumnya mulai berkurang, tapi hal itu normal dialami. Namun, perilaku anak yang tidak mau makan bukan hanya berarti anak kehilangan selera makan. Yang mungkin terjadi adalah anak sedang menempatkan diri dalam diet pemeliharaan tubuh. Hal ini dikarenakan kenaikan berat badannya saat ini tidak secepat di bawah usia 1 tahun. Apabila anak ibu sangat doyan makan, kemungkinan yang terjadi malah anak ibu menjadi berlebihan berat badan atau obesitas. Namun, perlu diperhatikan agar anak tetap mendapatkan nutrisi yang mencukupi. Untuk itu, perlu dilakukan pengaturan pola makan anak.

Pemberian makan pada anak 'badut' (bawah dua tahun) adalah dengan waktu seperti bayi (usia kurang dari 1 tahun), yaitu setiap 3 jam.

  1. Sebaiknya susu hanya diberikan pagi dan malam sebelum tidur
  2. Pukul 9-10 pagi berikan buah/jus buah
  3. Siang hari berikan nasi lembek dengan sayur dan daging cincang, dan
  4. Sore hari berikan roti dengan jus buah atau nasi lembek.

Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak, ikan, daging merah, sayur-sayuran, dan buah-buahan, sehingga anak tidak bosan. Kurangilah makanan-makanan "jajanan" yang membuat kenyang tapi tapi tidak memiliki kandungan nutrisi yang baik (empty calories) Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda. Selain itu, coba biarkan anak makan sendiri.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

 

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar