Sukses

Agar tubuh lebih berisi?

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 16 tahun.
Malam dokter... Dok, saya ingin menanyakan tentang tubuh saya. Ada beberapa komentar kalau tubuh saya kurus. Bagaimanakah caranya untuk mengisi tubuh saya agar tidak terlihat kurus dengan konsumsi makanan yang baik? Apakah yang harus saya makan untuk menyeimbangkan gizi yang diperlukan oleh tubuh saya? (perempuan, 16 thn,148 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penilaian terbaik dari proporsi berat badan dan tinggi badan seseorang adalah dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT). Berdasarkan perhitungan tersebut, indeks massa tubuh Anda saat ini adalah 21 kg/m2, termasuk kategori ideal.

Berat badan ideal Anda berkisar antara 43,2 – 52,8 kg. Berat badan Anda saat ini termasuk ideal untuk tinggi badan 148 cm. Untuk membuat kesan lebih berisi Anda dapat menambah 5-6 kg dari berat badan Anda saat ini, namun yang terpenting sebenarnya adalah komposisi lemak dan otot Anda (komposisi lemak yang ideal pada wanita berkisar antara 16-25%). Anda tidak perlu khawatir dengan anggapan beberapa orang yang mengatakan tubuh Anda kurus. Kesan gemuk/kurus sangat dipengaruhi oleh subyektivitas seseorang sehingga penilaiannya tidak bisa dianggap akurat. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana mempertahankan indeks massa tubuh Anda berkisar antara 20-25 kg/m2 dengan komposisi lemak berkisar antara 16-25%.  Beberapa tips yang dapat Anda terapkan antara lain adalah:

  1. Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang, ditambah 2 kali makanan kecil atau buah. Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Usahakan yang rendah lemak, cukup tinggi karbohidrat  dan protein.

  2. Tetap berolahraga secara teratur, tidak perlu yang terlalu berat, cukup jalan kaki selama 30 menit secara teratur untuk menjaga tubuh tetap terlihat kencang dan mengantisipasi berat badan yang naik beberapa kilogram. Latihan yang bersifat aerobik (yang menggunakan beberapa kelompok otot dalam satu waktu) menggunakan oksigen untuk membakar lemak untuk memproduksi energi.

  3. Yang terakhir adalah cukup istirahat agar energi tidak banyak terbuang percuma.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga membantu. (SO)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar