Sukses

Sesak, pegal, sakit kepala...

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat pagi dokter, saya wanita karier, umur 25 th. Saya mempunyai masalah dengan bagian tulang punggung bagian bawah yang sedikit membengkok ke samping. Saya tahu keadaan ini baru sekitar 6 bln yg lalu. Saya sering mengalami keluhan seperti sesak jika berlari lama, pinggang sering terasa pegal, sakit kepala di bagian atas pangkal hidung dan nyeri pada bagian telapak kaki. Mohon kiranya dokter dapat memberikan saran dan memberitahukan apakah penyakit yang saya derita? Trims, Dok!(perempuan, 25 thn,162 cm,62 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter. Kami dapat memahami kekhawatiran Anda saat ini.

Perlu diketahui bahwa berbagai keluhan yang Anda alami tidak timbul hanya dari satu kondisi. Terdapat berbagai kondisi medis yang dapat menyebabkan keluhan–keluhan tersebut, yang bahkan tidak berkaitan satu sama lain.

  1.   Keluhan sesak jika berlari lama

Secara definisi sesak napas (dyspnea) adalah kesulitan atau ketidaknyamanan untuk bernapas. Sesak napas dibagi atas 4 bagian besar, yaitu: sesak napas terkait posisi (orthopnea), sesak napas saat istirahat (resting dyspnea), sesak napas saat berbicara (talking dyspnea), dan sesak napas yang timbul atau memburuk saat aktivitas fisis (dyspnea on exertion).

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan Kami menyimpulkan bahwa Anda baru merasa sesak napas setelah melakukan aktivitas fisis berat. Perlu diketahui bahwa normalnya saat olahraga frekuensi pernapasan dapat meningkat, terlebih apabila dilakukan dalam jangka lama. Namun sesak napas yang dimaksud di sini umumnya merupakan gejala yang mengindikasikan adanya gangguan pada saluran napas, paru, dan jantung. Namun bisa juga timbul akibat anemia, kebiasaan merokok, gangguan asam basa, gangguan neuromuskular, kondisi psikologis, dsb. Mengingat banyaknya kondisi yang menyebabkan sesak napas, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikannya, agar dapat ditentukan terapi yang sesuai penyebabnya. Sebagai permulaan Anda dapat melakukan olahraga secara bertahap dan teratur, tidak perlu yang berat, cukup dengan berjalan selama 30 menit minimal 3 kali dalam seminggu, dan hindari merokok. Apabila setelah itu keluhan dirasa memberat sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana yang lebih optimal.

  1.   Pinggang sering terasa pegal

Banyak keadaan yang dapat menyebabkan keluhan pada pinggang, yang paling sering adalah gangguan otot. Hal ini umumnya terkait dengan aktivitas sehari-hari seperti terlalu banyak duduk, mengangkat barang berat, kesalahan sikap, dsb. Namun Anda mengatakan bahwa tulang punggung bawah Anda sedikit membengkok ke samping. Darimanakah Anda mengetahui hal tersebut? Apakah Anda telah menjalani pemeriksaan roentgen sebelumnya? Karena kelainan bentuk tulang punggung bisa menjadi penyebab keluhan pegal bahkan nyeri pada pinggang Anda. Untuk itu Kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis bedah tulang untuk evaluasi lebih lanjut.

  1.   Sakit kepala pada bagian atas pangkal hidung

Terdapat beberapa jenis sakit kepala. Sakit kepala primer (berdiri sendiri) dan sekunder (karena kondisi medis lain yang mendasari). Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Kami memikirkan beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala Anda, yaitu: stres akibat terlalu lama menghadap komputer atau penggunaan kacamata terlalu lama, atau karena sinusitis. Untuk itu perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut terkait berbagai kemungkinan tersebut. Tepatnya kapan Anda merasakan sakit kepala tersebut? Adakah saat-saat tertentu dimana sakit kepala itu muncul? Apakah yang Anda lakukan untuk meredakan sakit kepalanya? Dsb.

  1.   Nyeri pada telapak kaki.

Tepatnya pada telapak kaki bagian mana Anda merasa nyeri? Apakah pada tumit atau titik tertentu dekat pangkal jari kaki?

Nyeri pada tumit dapat disebabkan oleh pengapuran tulang, namun umumnya disebabkan oleh peradangan plantar fascia–suatu jaringan disepanjang bagian bawah kaki yang menghubungkan tulang tumit dengan ibu jari kaki kita. Keadaan ini disebut plantar fasciitis, umumnya menyebabkan nyeri seperti ditusuk atau rasa terbakar yang biasanya bertambah buruk pada pagi hari karena fascia mengencang (berkontraksi) sepanjang malam. Segera setelah kita berjalan-jalan beberapa saat, nyeri yang disebabkan oleh plantar fasciitis ini biasanya berkurang, tetapi mungkin akan terasa nyeri kembali setelah berdiri beberapa lama atau setelah bangun dari posisi duduk. Beberapa di antara penyebab plantar fasciitis adalah: aktivitas dan berat badan berlebih, akibat trauma masa lalu yang menimpa tulang tumit, kebiasaan melepas alas kaki saat berjalan di lantai yang keras atau kasar, peradangan sendi dan tulang, encok rematik (rheumatoid arthritis/RA), dan pemakaian alas kaki yang tidak sesuai. Selain pada tumit, penekanan berlebihan akibat berat badan dan perlukaan juga dapat menyebabkan timbulnya sensasi nyeri atau keram pada bagian lain telapak kaki. Untuk itu Kami sarankan agar Anda mengistirahatkanlah kaki Anda, dan hindari terlalu sering memakai sepatu yang tidak nyaman atau sempit, terlebih dengan hak tinggi. Apabila dirasa sangat mengganggu Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau dokter spesialis penyakit dalam untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Dengan demikian jelas bahwa terdapat beberapa kemungkinan penyebab yang idealnya harus dievaluasi lebih lanjut untuk memastikannya. Yang Kami utarakan di sini hanyalah dugaan, Kami sarankan sebaiknya Anda mengunjungi dokter atau dokter spesialis terkait keluhan Anda yang dirasa paling mengganggu untuk mendapat tatalaksana yang lebih optimal. Apabila dari hasil pemeriksaan ditemukan kondisi medis lain yang penting, dokter akan merujuk Anda sesuai kompetensi.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar