Sukses

Nyeri perut akibat obat TB?

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Pria, 29 tahun.
salam untuk dokter dan terima kasih sebelumnya untuk jawaban konsultasi saya, saya sebelumnya terkena penyakit pneumonia atau biasa disebut orang awam paru2 basah dan saya masih rutin kontrol 2minggu sekali kedokter paru serta saya masih konsumsi pyrazinamide,rifampicin dan INH tetapi dapat 2 bln saya konsumsi sekarang dirasakan klo dipagi hari disaat buang air kecil setelah bangun tidur terasa sakit perih diperut tepatnya diatas puser dan saat minum serta makan dipagi hari juga terasa perih diperut sampai membuat badan saya membungkuk saat berjalan karena menahan perih.akhirnya saya memutuskan untuk berobat kebagian penyakit dalam dan saya disarankan untuk periksa darah dengan hasilnya sebagai berikut: HEMATOLOGI LED 95 Hemoglobin 13.3 Hematokrit 39 Eritrosit 4.9 Leukosit 5380 Thrombosit 300.000 MCV 79 MCH 27 MCHC 34 Hitung Jenis Basofil 0 Eosinofil 5 Batang 0 Segmen 66 Limfosit 21 Monosit 8 Fungsi Ginjal Ureum 15.0 Kreatinin darah 0.9 ini hasil tes darah saya,kira2 saya mengidap penyakit apa ya dok?? sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih yang sebesar2nya. ( laki-laki, 29 thn,172 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Obat-obatan yang Anda konsumsi adalah obat-obatan untuk penyakit Tuberkulosis atau TB. Penyakit inilah yang dikenal oleh awam sebagai paru-paru basah, bukan pneumonia. Apabila memang Anda mengonsumsi obat ini selama 2 bulan, maka ada kemungkinan keluhan yang Anda miliki berasal dari efek samping obat tersebut.

Rifampicin memiliki efek samping gangguan pencernaan, gangguan fungsi hati, kuning, gejala flu, reaksi kulit, dan gangguan pada darah.

Pyrazinamide memiliki efek samping hepatotoksisitas (gangguan pada hati), gout (asam urat), anemia skleroblastik, gangguan pencernaan, ulkus peptikum (perlukaan pada pencernaan), disuria (nyeri berkemih), demam, lemas, alergi

INH memiliki efek samping gangguan pada saraf (periferal neuropati), mual, muntah, gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan pada darah.

Apakah ada keluhan mual-muntah disertai mata atau tubuh menjadi berwarna kuning? apabila memang ada, maka ada kemungkinan terjadi gangguan pada hati. Gangguan pada lambung juga dapat terjadi akibat efek samping obat ini. Sayang sekali pemeriksaan Anda tidak menyertakan pemeriksaan fungsi hati yaitu SGOT dan SGPT.

Secara garis besar, pemeriksaan darah yang Anda lakukan masih normal. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi ke dokter spesialis paru dimana Anda memperoleh obat-obatan tersebut untuk dievaluasi apakah keluhan ini terjadi akibat efek samping obat TB tersebut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar