Sukses

BAK nyeri dan sedikit-sedikit

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dear Klik Dokter Saya Yohan, ingin mengajukan pertanyaan, mengapa sudah lebih dari satu bulan ini saya merasakan sakit pada saat buang air kecil, disamping itu air seni yg keluar hanya sedikit-sedikit. Pada awalnya saya pikir saya mengalami penyakit yang umumnya diderita wanita setelah menikah yaitu 'turun peranakan' namun setelah diurut rasa sakit itu juga tidak hilang. Yang ingin saya tanyakan adalah ;
1. Mengapa pada saat buang air kecil sakit & air seni yg keluar hanya sedikit2
2. Apa yg menyebabkan hal tsb di atas bisa terjadi pada saya
3. Bagaimana cara menyembuhkannya
4. Apa yg harus saya lakukan supaya hal tsb tidak terjadi lagi pada saya
Atasperhatian dan jawabannya Saya ucapkan terima kasih. (perempuan, 33 Tahun, 151 cm, 44 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari  yang terhormat,

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

 

Berbagai keluhan yang Anda alami dapat terjadi akibat adanya infeksi kuman pada saluran kemih Anda.  Secara anatomi, saluran kemih bagian bawah perempuan (uretra) merupakan saluran yang sangat pendek dan bermuara dekat vagina. Karena itu saluran kemih perempuan lebih mudah terkena infeksi daripada laki-laki. Jika ada infeksi dalam vagina, infeksi tersebut mudah menyebar ke saluran kemih dan menimbulkan berbagai keluhan buang air kecil, seperti yang pernah Anda rasakan. Begitupun dengan kontaminasi dari anus. Oleh sebab itu sangat penting untuk senantiasa memerhatikan kebersihan dan kekeringan daerah genitalia Anda. Jika membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jangan gunakan celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat untuk menghindari keadaan yang lembab. Hindari penggunaan panty liner yang mengandung pengharum (terlebih bila digunakan > 6 jam), serta produk pembersih vagina yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam vagina.

 

Untuk memastikan diagnosis infeksi saluran kemih, Kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan analisis urin (air kemih) di laboratorium. Diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai keluhan dan hasil pemeriksaan tersebut. Jika memang terbukti adanya infeksi, Anda akan mendapatkan terapi antibiotik yang sesuai untuk mengatasinya.   

 

Demikian penjelasan Kami. Semoga dapat membantu. (SO)

 

Terimakasih,

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar