Sukses

Penanganan varises vena tungkai

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 0 tahun.
Dear Dokter Saya mau konsultasi mengenai Varises, sy memiliki varises yg cukup banyak dan besar didaerah kaki(Betis) sudah pernah disuntik varisesnya tetapi beberapa bulan kemudian muncul lagi dan lebih banyak...mohon bantuannya thank (perempuan, 22 thn, 165 cm, 65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Varises vena disebabkan oleh pengumpulan darah pada vena bagian perifer di daerah ekstremitas bawah (tungkai dan kaki) akibat tidak efisiennya katup yang ada. Pada kondisi normal, katup pada vena mencegah darah kembali mengalir ke tungkai.

Pembesaran vena ini terkadang tidak memiliki penyebab yang jelas. Faktor risiko yang ada adalah genetik (keturunan), hormon estrogen (lebih sering pada wanita), struktur vena, kehamilan, dan gangguan katup vena serta hipertensi vena. Posisi berdiri yang terlalu lama juga menjadi salah satu faktor risiko varises.

Beberapa hal yang dapat Ibu lakukan di rumah atau sendiri untuk mencegah bertambah parahnya varises, antara lain:

  • Olahraga. Dengan berjalan, sirkulasi darah di tungkai meningkat.
  • Menjaga berat badan dan diet. Makanan yang dimakan sebaiknya rendah garam dan tinggi serat, untuk mencegah pembengkakan karena retensi air dan konstipasi.
  • Hindari penggunaan sepatu hak tinggi. Menggunakan sepatu hak rendah membuat otot betis bekerja lebih keras, sehingga memperlancar aliran darah balik di daerah tersebut. Hindari juga penggunaan celana ketat.
  • Untuk memperbaiki sirkulasi tungkai, beberapa kali dalam sehari istirahatkan tungkai dengan menaruhnya pada tumpukan bantal (3 - 4).
  • Jangan duduk atau berdiri terlalu lama. Gerakkanlah kaki setiap 30 menit.
  • Hindari duduk dengan tungkai menyilang.
  • Menggunakan stoking kompresi. Stoking ini "meremas" tungkai sehingga membantu pembuluh darah tungkai dan otot betis dalam memperlancar aliran darah. Stoking yang digunakan harus pas atau sesuai dengan ukuran betis Ibu agar efektif. Stoking juga sebaiknya tidak terlalu ketat.

Jika cara-cara konvensional di atas tidak membantu, atau memang keadaan varises Ibu agak berat, dapat ditambahkan terapi lain, antara lain:

  • Skleroterapi. Ke dalam pembuluh darah vena disuntikkan cairan yang akan menyebabkan jaringan parut dan menurup pembuluh darah tersebut. Ini terapi yang pernah Ibu lakukan sebelumnya.
  • Operasi dengan laser
  • Prosedur yang dibantu dengan kateter. Sebuah selang kecil dimasukkan ke dalam pembuluh darah dan ujungnya diberi panas. Ketika kateter dikeluarkan, panas tersebut akan "merusak" vena karena vena akan kolaps. Prosedur ini biasanya dilakukan pada varises vena yang lebih besar.
  • Stripping vena. Vena yang panjang dikeluarkan melalui sayatan yang kecil. Mengeluarkan vena tersebut tidak akan mengganggu sirkulasi di dalam tungkai.

Kami menyarankan Ibu berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah dengan subspesialisasi bedah vaskuler (pembuluh darah) untuk mengevaluasi tingkat keparahan varises serta terapi yang sesuai. Mungkin skleroterapi (suntik) masih dapat dilakukan, namun setelah itu Ibu tetap harus melaksanakan tindakan-tindakan pencegahan seperti yang tertulis di atas.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar