Sukses

Hamil: Keputihan dan posisi tidur?

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 31 tahun.
dear dokter...sekarang ini usia kehamilan saya 28 minggu. Ada keluhan keputihan, warna kekuningan, kadang kental, tapi tidak berbau ataupun gatal. Seriuskah keadaan saya ? Terus, kenapa sih orang hamil diminta berbaring miring ke kiri ? Saya lebih nyaman miring kanan...Terimakasih sebelumnya...( perempuan, 31 thn,167 cm,79 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Fluor albus atau keputihan merupakan hal yang normal dalam kehamilan, terutama pada awal-awal kehamilan. Adanya perubahan hormonal serta peningkatan aliran darah ke mulut rahim menyebabkan terbentuknya keputihan yang disebut leukorea ini. Fungsi dari leukorea tersebut adalah untuk mengalirkan sel-sel tua vagina serta bakteri (jika ada), sehingga mencegah terjadinya infeksi. 

Gambaran keputihan yang normal saat hamil adalah berwarna bening sampai putih seperti susu, dan bisa berbau, namun tidak berbau tidak enak. Keputihan tersebut juga tidak disertai rasa gatal maupun panas pada vagina. 

Keputihan yang tidak normal ditandai perubahan karakteristik cairan keputihan yang keluar, baik dari segi jumlah, warna (kuning kehijauan, putih bergumpal-gumpal), bau (busuk, amis), maupun terdapat tanda-tanda lain yang menyertai (gatal, panas), sebaiknya Ibu segera berobat ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut serta mendapatkan terapi yang sesuai. Keputihan pada Ibu berwarna kekuningan, apakah ada perubahan warna dari sebelumnya? Apakah bertambah banyak? Jika ya, sebaiknya Ibu memeriksakan hal ini ke dokter Ibu.

Pada saat hamil, memang sebaiknya posisi tidur Ibu miring. Posisi tidur miring ke kiri menngkatkan aliran darah ke plasenta dan janin Ibu. Posisi ini sebaiknya dilakukan pada akhir-akhir kehamilan (triwulan terakhir) dan terutama saat bersalin (terjadi kontraksi rahim). Namun, untuk saat ini, Ibu dapat berganti-ganti posisi tidur miring kiri atau kanan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar