Sukses

Pertumbuhan gigi anak bertumpuk

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 35 tahun.
mengapa pertumbuuhan gigi seri anak cenderung bertumpuk sehingga posisi gigi baru cencerung miring? bagaimana cara mengatasinya/memperbaikinya pada anak usia 5thn dan 8 thn?selama 6 bulan terakhir sudah saya terapkan perawatan melalui begel karet yang selalu digunakan anak saya yng berusia 8 thn sepiap 6 jam/hari selama tidur malam.( perempuan, 35 thn,168 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang terhormat,

Saya berasumsi bahwa yang  Ibu maksud adalah gigi seri sulung masih ada tapi gigi seri permanennya sudah tumbuh, mungkin di depan atau belakangnya sehingga terkesan gigi tersebut bertumpuk. Hal ini dapat disebabkan karena gigi seri sulung mengalami karies sehingga gigi permanennya terstimulasi untuk erupsi (tumbuh) meski belum waktunya untuk tumbuh. Tapi perlu dilihat juga gigi seri di sebelahnya apakah sudah tumbuh juga atau belum. Bisa juga karena akar gigi sulung mengalami resorbsi yang tidak merata sehingga gigi permanennya mencari celah lain untuk tumbuh, yaitu di belakang atau depan gigi seri tersebut.

  Selain itu mungkin juga gigi seri permanen yang tumbuh tumpang tindih, karena gigi sulung tanggal sebelum waktunya bisa karena karies atau sebab-sebab lain sehingga gigi permanen kehilangan petunjuk arah. Jadi pada saat tumbuh posisinya menjadi di luar lengkung rahang yang normal.

Perawatannya bervariasi tergantung dari keadaan gigi geligi yang lain, dan apakah si anak cukup kooperatif, dalam artian mau mengikuti instruksi yang diberikan oleh ibu maupun dokter gigi. Ada baiknya anak Ibu ditangani oleh seorang dokter gigi spesialis anak. Bila hanya gigi depan saja yang bertumpuk, dokter gigi dapat memasangkan alat yang disebut trainer yang bentuknya seperti pelindung gigi yang digunakan atlet olahraga. Pemakaian alat ini juga membutuhkan kepatuhan si anak karena adanya benda asing dalam mulut tentu menimbulkan ketidaknyamanan. Perbaikan posisi gigi juga dapat dilakukan dengan perawatan orthodontik yang diindikasikan untuk anak-anak bila kelainan hanya terjadi pada gigi depan dan gigi molar (geraham) permanennya sudah tumbuh. Sekali lagi, ada baiknya perawatan dilakukan oleh dokter gigi spesialis gigi anak. Yang terpenting adalah si anak mau dan menurut untuk dirawat. Bila belum terlalu mendesak, perawatan sebaiknya ditunda hingga anak sudah cukup besar dan mengerti tentang kesadaran untuk memelihara kebersihan mulutnya sendiri. Sekedar untuk informasi Anda mengenai tumbuh kembang gigi anak dapat membuka http://www.myoresearch.com.

Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu Anda.
Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar