Sukses

Makanan saat diare?

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 27 tahun.
Hallo dok, saya mau tanya, saya punya putri berumur 11 bulan sekarang lg mengalami diare tanpa muntah (sdh 5 hr), minum susunya biasa 180 ml sekarang 90 ml tidak habis. Makanan apa ya dok yg dianjurkan dan yg tidak boleh dimakan oleh anak saya? Terimakasih....(perempuan, 27 thn,160 cm,53 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Kami mengerti kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak Anda saat ini. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, terdapat  beberapa hal yang perlu dikonfirmasi terlebih dahulu:

  1. Berapa frekuensi buang air besar (BAB) anak Anda?
  2. Kira-kira berapa banyak jumlahnya setiap kali BAB?
  3. Apakah BAB-nya menyemprot/berbusa/berwarna air cucian daging?
  4. Apakah ditemukan darah atau lendir pada BAB anak Anda?
  5. Adakah keluhan lain yang menyertai. seperti demam, lemah, perut kembung, dsb?
  6. Pengobatan apakah yang Anda berikan selama ini? dsb

Diare adalah peningkatan frekuensi BAB (tiga kali sehari atau lebih) atau penurunan konsistensi tinja (menjadi lunak/cair) yang umumnya berlangsung selama dua hari atau lebih. Beberapa keadaan yang dapat menyebabkan diare adalah alergi makanan (khususnya susu atau laktosa) hingga infeksi berbagai jenis kuman (bakteri, virus, dan parasit) yang masuk dari makanan/minuman yang terkontaminasi.

Seseorang yang mengalami diare akan kehilangan cairan tubuhnya sehingga menyebabkan timbulnya dehidrasi (kekurangan cairan tubuh) yang dapat mengganggu fungsi organ tubuh. Oleh sebab itu cairan yang hilang harus segera digantikan dengan asupan makanan dan minuman yang cukup (untuk bayi dan baduta pemberian ASI dilanjutkan) serta konsumsi garam oralit. Konsumsi makanan yang kaya serat sebaiknya dikurangi sementara waktu hingga konsistensi BAB-nya kembali normal.

Lebih lanjut mengenai diare dapat Anda baca dengan mengakses URL Link berikut:

Diare

 

Bagaimanapun, anak Anda sudah mengalami diare selama 5 hari, ditambah asupannya berkurang. Tentunya anak Anda telah kehilangan banyak cairan sehingga memerlukan perawatan intensif dari dokter yang kompeten, terutama apabila pada BAB-nya ditemukan adanya darah atau lendir. Oleh sebab itu Kami sarankan sebaiknya Anda segera membawa anak Anda berobat ke tempat pelayanan kesehatan terdekat yang memiliki tenaga DSA dan fasilitas yang cukup lengkap.

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar