Sukses

Bau mulut

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 33 tahun.
siang dok sya bermasalah dengan bau mulut. Gigi kiri bawah berlubang namun sudah di tangani dokter ahli dengan cara di tambal. Gigi kanan atas berlubang, yang saya gunakan untuk menguyah makanan gigi kiri dok. Saya mulai sulit makan karena rasa keyang yang saya rasakan sejak itu sepertinya bau mulut sering ada. Apakah bau mulut ini berhubungan dengan gigi ataukah dengan lambung saya dok? terima kasih sebelumnya atas penjelasannya. ( perempuan, 33 thn,160 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Sdri yang terhormat,

Ada beberapa faktor yang sering dikaitkan sebagai penyebab bau mulut, sebagian besar adalah faktor lokal yaitu dari gigi dan mulut. Selain itu memang bau mulut dapat diakibatkan oleh penyakit lain yang bersifat sistemik, misalnya penderita diabetes yang memiliki bau mulut yang khas, atau penderita gangguan pencernaan yang menyebabkan peningkatan kadar asam lambung sehingga mulut mengeluarkan bau yang khas pula.

Untuk memastikannya, kondisi gigi dan mulut Anda perlu diperiksa secara langsung oleh dokter gigi. Bagaimana kebersihan gigi dan mulut Anda secara umum, apakah ada karang gigi, atau gigi yang berlubang. Selain itu apakah ada di sela-sela gigi tertentu yang sering terselip makanan yang sulit dikeluarkan, bahkah terkadang pasien tidak menyadari bahwa di sela-sela giginya terjebak makanan yang bila tidak dibersihkan dengan seksama maka makanan tersebut akan membusuk dan menjadi sumber bau kurang sedap.

Kebiasaan dan pola makan juga turut mempengaruhi timbulnya bau mulut, terutama bila Anda menyukai makanan yang berbau tajam atau kaya sulfur misalnya bawang putih. Bagaimana saliva (air liur) Anda bila Anda meludah apakah terlihat encer ataukah kental berbusa. Bila saliva Anda cenderung kental, ada kemungkinan mulut Anda mudah atau sering dalam keadaan kering. Padahal saliva sangat dibutuhkan oleh mulut dan berfungsi "self-cleansing" yaitu membilas sisa-sisa makanan. Dapat dibayangkan bila mulut kering, misalnya saat sedang berpuasa, sering terasa bau mulut tdk sedap. Anda juga perlu mencermati kebersihan lidah Anda, apakah lidah ikut dibersihkan saat menyikat gigi. Lidah yang kotor dan banyak sisa makanan di permukaannya juga dapat menjadi sumber bau mulut tak sedap.

Bila kondisi gigi dan mulut telah diperiksa secara menyeluruh oleh dokter gigi dan tidak ditemukan adanya hal-hal yang berpotensi menimbulkan bau mulut, baru dugaan mengarah kepada penyakit sistemik yang mungkin Anda derita.Topik ini sudah sering ditanyakan oleh penanya lain, Anda dapat membacanya di arsip e-konsultasi Klikdokter. Selain itu Anda juga dapat membaca artikel mengenai bau mulut pada bagian Detail Penyakit website kami dengan mengakses https://www.klikdokter.com/illness/detail/188, demikian juga artikel lain. Cukup masukkan kata kunci "halitosis" pada pencarian dalam website kami yang terletak di pojok kanan atas.  

Demikian penjelasan Saya, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar