Sukses

Pemilihan kontrasepsi

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 27 tahun.
met siang dok dok saya mau tanya kenapa ya setelah saya ikut KB suntik yang tiap bulan haid saya jadi ga teratur,saya ikut KB suntik uda 2 tahun sebelum nikah dulu haid saya teratur dan selalu byk klo ga 5 atau 7 hari ga selesai. tapi setelah nikah iku KB suntik kok kadang haid banyak,kadang ga haid dan juga sering cuma keluar flek aja.gitu itu normal ga dok padahal yang saya tau klo kita ikut KB suntik tiap bulan itu kan haidnya selalu tiap bulan juga saya takut gendut dok trus enaknya kb apa yang aman buat saya dok soalnya tiap hbs suntik KB selalu nafsu makan saya bertambah dok saya tunggu sarannya dok( perempuan, 27 thn,156 cm,64 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kontrasepsi adalah alat untuk menunda atau mencegah terjadinya kehamilan. Kontrasepsi terbagi atas :

1. Hormonal (suntikan, pil)

2. Mekanik (spiral)

3. Barier (kondom, diafragma)

4. Kontrasepsi alami (pantang berkala, coitus interuptus)

5. Kontrasepsi mantap (vasektomi, tubektomi)

Penggunaan jenis kontrasepsi ini berdasarkan atas indikasi, usia, keinginan untuk menikah lagi, dan beberapa hal lain yang menjadikannya pertimbangan (risk and benefit). Kontrasepsi suntikan yang diberikan setiap 1 bulan berisikan kombinasi hormon estrogen-progesteron.Kedua hormon ini akan bekerja mencegah kehamilan dengan cara mempengaruhi siklus hormonal di dalam tubuh.

Sifat dari kedua hormonal ini akan bervariasi di antara individu. Pada beberapa perempuan, menstruasi dapat tetap teratur dengan suntikan Kb 1 bulan, namun pada individu lainnya, dapat juga menjadi tidak teratur dikarenakan respon hormonal tubuh mereka terhadap suntikan KB ini berbeda. Jadi hal tersebut atau kondisi yang Anda alami saat ini masih normal.

Pada usia reproduksi atau masih adanya keinginan untuk memiliki anak lagi, disarankan untuk menggunakan kontrasepsi hormonal (pil, suntikan) atau barrier (kondom). Kontrasepsi alami dapat digunakan (coitus interuptus, pantang berkala) namun angka kegagalannya cukup besar. Pada mereka yang tidak ingin memiliki anak lagi, disarankan  untuk menggunakan kontrasepsi dalam jangka lama seperti mekanik (AKDR-spiral), susuk, dan kontrasepsi mantap (tubektomi, vasektomi).

Jadi kebutuhan untuk kontrasepsi akan tergantung dari keinginan Anda untuk memiliki anak lagi,risiko, kecocokan kontrasepsi tersebut pada diri Anda. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai kontrasepsi melalui artikel kami di :

http://seks.klikdokter.com/

Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar