Sukses

Dismenorea dan polimenorea

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 31 tahun.
1. Apa betul wanita yang sering mengalami nyeri ketika haid sulit untuk hamil? 2. apa betul wanita yang terlalu sensitif (geli ketika disentuh) sulit untuk hamil? 3. apakah termasuk haid yang teratur jika bersihnya hanya 18 hari saja dan haidnya 7 hari? kapan masa suburnya jika siklus haidnya seperti itu? 4. apakah berhubungan suami istri sekali sehari selama bersih dari haid dapat mengganggu proses pembuahan? makasih atas jawabannya...( perempuan, 31 thn,156 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kami akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang Anda ajukan :

1. Apa betul wanita yang sering mengalami nyeri ketika haid sulit untuk hamil?

Nyeri ketika haid disebut dengan dismenorea. Rahim terdiri dari 3 lapisan dan salah satunya adalah otot. Pada kondisi menstruasi, otot rahim berkontraksi lebih keras dan dapat menimbulkan rasa nyeri. Otot rahim berkontraksi dikarenakan produksi dari hormon prostaglandin. Tipe dari dismenorea ada 2 :

a. Dismenorea primer : dismenorea yang terjadi murni karena kontraksi otot rahim saat menstruasi akibat dari hormon prostaglandin

b. Dismenorea sekunder : Nyeri menstruasi akibat dari penyebab lain seperti endometriosis, mioma, fibroid, dll

Apabila dismenorea yang dirasakan adalah primer maka tidak akan ada masalah, namun apabila penyebabnya adalah dismenorea sekunder, maka ada kemungkinan faktor penyebab tersebut dapat mengganggu kesuburan

2. apa betul wanita yang terlalu sensitif (geli ketika disentuh) sulit untuk hamil?

Hal tersebut tidak ada hubungannya

3. apakah termasuk haid yang teratur jika bersihnya hanya 18 hari saja dan haidnya 7 hari? kapan masa suburnya jika siklus haidnya seperti itu?

Siklus haid yang normal berkisar selama 21-35 hari dengan 3-7 hari keluar darah haid. Kondisi yang Anda alami disebut dengan polimenore atau siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Polimenorea dapat disebabkan karena gangguan hormonal maupun penyakit ovarium polikistik. Masa subur akan lebih sulit ditentukan. Pada siklus normal, masa subur adalah 14 hari sebelum hari pertama haid berikutnya

4. apakah berhubungan suami istri sekali sehari selama bersih dari haid dapat mengganggu proses pembuahan?

Maksud pertanyaan Anda kurang jelas. Berhubungan suami istri justru akan mengakibatkan pembuahan apabila waktunya tepat.

Sekian jawaban dari kami, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar