Sukses

Batuk berdahak coklat

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 19 tahun.
baru2 ini saya sakit flu dan mengalami batuk yang cukup mengganggu. dan pada saat batuk saya sering mengeluarkan dahak. yang mw saya tanyakan.. 1. berbahaya gak dahak yang berwarna coklat pekat? 2. Apa artinya dahak berwarna coklat?( perempuan, 19 thn,156 cm,39 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Sayang sekali Anda tidak mencantumkan data mengenai berapa hari Anda batuk dan keluhan lain yang menyertainya sehingga analisis yang dapat kami buat sangat terbatas berdasarkan data yang Anda berikan. Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda :

1. berbahaya gak dahak yang berwarna coklat pekat?

Sebelum menentukan berbahaya atau tidak, haruslah dipastikan dahulu warna coklat tersebut, apakah ada strip-strip merah darah atau apakah Anda pernah batuk darah sebelumnya. Dahak akibat infeksi umumnya berwarna kuning kehijauan, merah apabila mengandung darah, dan coklat kemungkinan adalah darah yang sudah teroksidasi. Batuk darah yang mengarah ke dalam infeksi  paru dicurigai apabila Anda memiliki keluhan batuk berdahak 2-3 minggu, demam, dan berat badan serta nafsu makan turun. Namun apabila batuk ini baru terjadi, dan Anda memang batuk dengan sangat keras, mungkin saja iritasi jalan napas akibat batuk dapat mengakibatkan perlukaan dan lecet sehingga berdarah

2. Apa artinya dahak berwarna coklat?

Seperti yang saya sebutkan di atas, kemungkinan berasal dari darah.

Berkonsultasilah secara langsung kepada dokter apabila batuk berdahak ini tidak juga membaik atau Anda mengalami batuk darah, dan segala macam gejala seperti yang kami sebutkan di atas. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar