Sukses

Terapi stress

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Pria, 41 tahun.
siang dok saya mau tanya terapi apa yang bisa dilakukan untuk orang yang streess terima kasih untuk jawabannya( laki-laki, 41 thn,170 cm,74 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Banyak pihak yang salah menafsirkan stres. Secara harfiah pemaknaan stres ialah tekanan dan tertekan. Pada dasarnya semua manusia membutuhkan stress. Tentunya dalam batasan-batasan tertentu.

Diibaratkan seperti ban mobil. Ban mobil yang terpasang membutuhkan tekanan untuk dapat menjalankan fungsinya, sebagaimana sebuah bola memiliki fungsi jika memiliki tekanan udara yang dimilikinya. Pada intinya seorang manusia mau tidak mau harus melalui tahapan episode stres pada hidupnya untuk mencapai sukses.

Namun jika kuantitas stres atau tekanan yang ada melampaui kapasitasnya, maka ban mobil atau bola tersebut akan pecah. Karena itu stres tidak boleh berlebihan. Begitu pun jikalau seseorang itu tidak mampu lagi menahan stres akan terjadilah ledakan.

Untuk membatasi kapasitas yang ada, diperlukan usaha untuk menyesuaikan tekanan yang ada. Banyak kiat untuk mengatasi stres. Bahkan secara alamiah seseorang dapat menemukan sebuah solusi anti-stress-nya dengan sendirinya. Anda bisa berbagi dengan sahabat, keluarga, atau bahkan dokter spesialis kejiwaan akan masalah yang menjadi sumber penyebab stres Anda. Bagi sebagian besar pendapat orang, merapatkan hubungan dengan Tuhan YMK dapat menjadi anti-stressor (anti penyebab stres).

Jika memang kondisi stres seseorang memang sudah diambang kapasitas maksimalnya sebagai manusia, masih ada penyelesaian solusi dengan meminum obat penenang. Namun hal ini haruslah dengan pengawasan ketat dokter yang berkompetensi tinggi. Tidak sembarang pasien dapat diberikan obat penenang, meninjau efek adiksi dari salah satu kandungan obat tersebut.

Solusi yang paling sehat untuk mengurangi stres adalah rileks, semakin santai seseorang dalam menghadapi suatu masalah, maka akan semakin jernih pikirannya dalam mencari solusi. Sekali lagi banyak cara untuk rileks, agar mengurangi stres, antara lain; pergi berlibur.

Bentuk lain untuk mengurangi stres yakni dengan mengunjungi dokter yang memiliki kompetensi terkait dengan permasalahan yang ada, dalam hal ini, dokter spesialis kesehatan jiwa.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Terimakasih.

Dr. Sukardi, SpKJ(K)
(Redaksi Pengasuh Rubrik Seks & Andrologi Klikdokter.com)

    0 Komentar

    Belum ada komentar