Sukses

Timpanoplasti: Operasi Gendang Telinga

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok,...ini keluhan dari ibu saya (48 thn, tinggi 148 cm, BB:58 kg) Pada waktu kecil telinga beliau sering kemasukan air saat mandi (disungai) sehingga mengakibatkan infeksi dan mengeluarkan cairan berbau dan berwarna kuning kehijauan dari telinganya..kemudian cairan itu berhenti sendiri sampai sekarang. Namun keluhan ibu saya saat ini adalah berkurangnya pendengaran. Setelah berkonsultasi dengan dokter THT, ternyata selaput gendang telinga ibu saya sudah robek dan tinggal 1/3nya (telinga sebelah kanan) dan dokter tersebut memberikan obat penumbuh jaringan namun tidak membuahkan hasil. Adakah obat atau tindakan medis yang tepat untuk mengatasi keluhan tersebut?( perempuan, 25 thn,149 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Satu-satunya cara untuk menangani kerobekan gendang telinga pada Ibu Saudari adalah dengan operasi rekonstruksi gendang telinga yang disebut timpanoplasti. Timpanoplasti dapat dilakukan melalui liang telinga atau dengan melakukan penyayatan pada daerah belakang telinga. Sejumlah kecil jaringan dari daerah belakang telinga akan diambil untuk merekonstruksi gendang telinga tersebut.

Operasi yang dilakukan melalui liang telinga biasanya berlangsung selama 1/2 sampai 1 jam, sedangkan jenis operasi yang kedua (yang membutuhkan sayatan) biasanya membutuhkan waktu 2 1/2 sampai 3 jam. Anestesi atau pembiusan yang digunakan bisa berupa bius lokal atau umum. Persentase keberhasilan operasi ini adalah 85 - 90%.

Kami menyarankan Saudari berkonsultasi dengan dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT) untuk membicarakan kemungkinan dilakukannya operasi ini.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar