Sukses

Keputihan setelah memakai KB suntik

20 Oct 2014, 10:12 WIB
Pria, 30 tahun.
Mohon maaf apabila pertanyaan saya 2 kali. Begini Dok... istri saya akhir - akhir ini mengeluh kalau ada cairan kuning ( maaf ) agak kental yang keluar di vagina yang biasa menempel di celana dalamnnya. yang ingin saya tanyakan penyakit apakah ini ? apakah berbahaya buat istri saya ? bagaimana cara pencegahan dan pengobatanya? Sekedar informasi cairan ini keluar sejak istri saya ikut KB Suntik yang jangka waktu 3 bulan. demikian pertanyaan saya, Terima Kasih.( laki-laki, 30 thn,174 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih atas kesetiaan Anda menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kondisi yang dialami oleh istri Anda dinamakan dengan Keputihan. Keputihan adalah semua cairan yang keluar dari vagina selain darah. Keputihan dibedakan menjadi dua, yaitu keputihan fisiologi atau normal dan patologis atau penyakit. 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental), tidak berbau, tidak panas, tidak gatal, serta tidak menimbulkan keluhan lainnya. Keputihan patologis dapat disebabkan oleh jamur, bakteri, dan parasit.

Apabila tidak ada keluhan pada cairan yang keluar dari vagina tersebut, maka kemungkinan ini hanyalah cairan vagina normal akibat dari perubahan hormonal. Hal ini dapat terjadi karena menggunakan KB suntik dimana isi bahan aktif dari KB tersebut adalah produk hormonal.

Apabila tidak ada keluhan lainnya (seperti yang kami sebutkan di atas) maka hal ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar