Sukses

Siklus menstruasi > 35 hari

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 26 tahun.
dok, saya sedang stres berat. Saya belum menikah. Siklus haid saya selalu tidak sama tiap bulannya dan panjang2 (sekitar 35-40an hari). Tiap bulan siklusnya tidak sama jadi saya ga bisa memperkirakan kapan mulai haid bulan selanjutnya. Terakhir saya mulai haid tgl 10 Februari dan sampai hari ini (26 Maret) saya belum haid lagi. Selain itu biasanya sebelum haid saya selalu timbul jerawat besar2 dan merah2 walaupun saya sudah menjaga pola makan dan rajin membersihkan wajah. Jerawat saya juga timbuh di badan. Apa yg harus saya lakukan? Thanks.. Mohon jawabannya...( perempuan, 26 thn,150 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Kondisi yang Anda alami saat ini disebut dengan oligomenore. Siklus menstruasi normal berkisar 21-35 hari, oligomenore adalah siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Penyebab dari oligomenore bermacam-macam, diantaranya adalah stres, PCOS (Polycystic Ovary Syndrome), penyakit kronik, tumor yang memproduksi estrogen, nutrisi kurang, gangguan pola makan (anoreksia nervosa, bulimia), dan wanita atlit yang berdiit sangat ketat dengan aktivitas fisik berlebih. Selain itu, oligomenorea dapat dsebabkan karena ketidakseimbangan hormon.

Stres, seperti yang saya ungkapkan di atas merupakan salah satu penyebab dari oligomenore ini. Jalani hidup dengan lebih santai, tidak usah stres dengan siklus Anda. Oligomenore umumnya hanya karena ketidakseimbangan hormon, bukan berarti ada panyakit di saluran reproduksi Anda. Namun apabila siklus ini berlanjut dan semakin memanjang maka kami sarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Jerawat yang muncul menjelang menstruasi adalah hal yang normal dikarenakan perubahan siklus hormonal menjelang menstruasi. Anda sebaiknya lebih sering membersihkan muka dengan pembersih. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar