Sukses

Kebiruan di kulit anak

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 35 tahun.
Dok, anak saya masih 5 bulan, sejak lahir di pantat anak saya ada biru2 (bukan tanda lahir), mungkin kalau di pantat wajar tetapi sekarang udah ada di kaki dan di punggung. Kondisi anak saya sampai sekarang tetap aktif, lincah dan tidak panas, dan kalaupun menangis bukan krn sakit di tubuh. Kalau memang wajar kira2 kapan biru2 itu akan hilang!. Mohon bantuannya, terima kasih( perempuan, 35 thn,158 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Biru-biru yang sering terdapat pada kulit anak tanpa adanya riwayat trauma sebelumnya umumnya menandakan adanya kelainan darah. Kelainan darah ini umumnya merupakan penyakit turunan. Apabila Anda telusuri di keluarga suami atau keluarga Anda sendiri kemungkinan didapatkan ada seseorang yang memiliki kelainan darah.

Pada bayi atau di bawah usia 1 tahun, yang paling sering terjadi adalah Idiopathic thrombocytopenic purpura akut (ITP akut). ITP adalah penyakit dimana terjadi destruksi atau penghancuran sel darah tromboosit karena pasien atau anak memiliki antibodi terhadap membran gikoprotein dari trombosit. Trombosit sendiri merupakan sel yang beran di dalam pembekuan darah. Penurunan jumlah trombosit akan menyebabkan mudahnya terjadi perdarahan.

Umumnya pada kasus ITP akut, anak memiliki produksi sumsum tulang yang normal atau hanya ada sedikit gangguan. ITP akut adalah penyakit autoimun (gangguan kekebalan tubuh) yang dicetuskan oleh infeksi virus akut dan umumnya akan sembuh sempurna dalam waktu beberapa bulan dengan pengobatan ataupun tidak.

Berkonsultasilah ke dokter spesialis anak apabila kebiruan menjadi semakin banyak atau anak Anda mengalami perdarahan (mimisan, dll) akibat trauma maupun spontan yang sulit untuk dihentikan. Karena ITP pada anak umumnya sembuh sendiri, pada dokter biasanya tidak memberikan obat dan hanya merekomendasikan untuk pemeriksaan lab darah rutin per-minggu atau 2 minggu. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar