Sukses

Terlambat haid, tes negatif?

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 30 tahun.
dok... saya sudah terlambat haid 4 hari, tp waktu saya test dengan alat tes kehamilan yg saya beli di apotek, hasilnya negatif. kira2 apakah saya sebaiknya saya menunggu beberapa hari lagi untuk melakukan tes ulang? karena saya sangat berharap kalau hasilnya positif. dan sebaiknya apa yg harus saya lakukan? trims( perempuan, 30 thn,160 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimkasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Alat tes kehamilan memberikan hasil positif berdasarkan kadar ß-hCG yang ada. Hormon ß-hCG dapat ditemukan 8 hari setelah pembuahan pada 5% wanita. Semakin besar usia kehamilan, kadar ß-hCG yang dihasilkan semakin meningkat, dan kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar. Pada usia kehamilan 3 minggu kadar ß-HCG sudah mencapai 18-7340 IU/L, dengan demikian kemungkinan hasil positif yang didapatkan pada test pack semakin besar. 

Sebaiknya tes kehamilan Ibu ulangi 1 minggu lagi. Jika memang hamil, seharusnya kadar hormon ß-HCG sudah lebih tinggi, dan kemungkinan keluar hasil positif lebih besar. Ibu juga dapat mencoba menggunakan dua merk alat tes kehamilan yang berbeda. Jika hasilnya positif, Ibu dapat mengkonfirmasi adanya kehamilan pada dokter. Seringkali hasil test pack menunjukkan hasil positif palsu, artinya menunjukkan tanda positif, padahal tidak ada kehamilan, karena itulah, hasil tersebut sebaiknya dikonfirmasikan pada dokter.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar