Sukses

Bayi muntah setelah minum susu

20 Oct 2014, 11:03 WIB
Wanita, 27 tahun.
Saya memiliki bayi yang masih berumur 1 bulan dengan riwayat kelahiran kurang bulan (34 minggu) berat badan 2,3 Kg dan panjang 47 Cm. Saat ini, bayi saya menyusui dengan cara dot baik asi maupun susu formula. Sudah 3 hari ini setiap minum dalam keadaan lapar sekali selalu batuk dan selalu ada gumuh/muntah, padahal sudah disendawakan. Gumuh/muntah tersebut dari jumlah sedikit sampai banyak sekali dan dari berwarna putih sampai bercampur dengan warna kuning, setiap mau gumuh/muntah kadang-kadang selalu menangis dan tidak bisa tidur. Selama ini bayi saya masih mau menyusui dan tidak terlalu rewel/gelisah. Apakah bayi saya menderita sakit? Apa yang harus saya lakukan untuk menghindari batuk saat menyusui dan gumuh/muntah setelah minum susu?Terima kasih( perempuan, 27 thn,160 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang baik,

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Jika melihat gejala muntah setiap kali anak Ibu meminum, besar indikasi buah hati Anda memiliki suatu gangguan pada saluran pencernaannya, dalam suatu kasus semisal, lambung.

Penting untuk kami informasikan, sebaiknya Ibu perlu memeriksakan buah hati Anda kepada dokter spesialis anak untuk didiagnosa lebih lanjut dengan secara lebih konkrit.

Namun ada baiknya, Anda dapat mencoba dahulu dengan upaya memberikan ASI disusui dalam kasus ini, hindari pemberian ASI dengan botol / dot. Besar harapan kami dengan upaya langkah awal ini, gejala muntah pada anak Ibu tidak akan terulang.

Namun jika masih terjadi juga, kami himbau kelmbali untuk melakukan konsultasi lanjutan kepada ahli kesehatan spesialis kesehatan anak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter Spesialis Anak
dr. Imral Chair Ramli, Sp.A(K)

    0 Komentar

    Belum ada komentar