Sukses

Flek coklat: kegugurankah?

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 36 tahun.
Selamat sore, dok. Saya hamil 5 minggu dan terjadi flek berwarna coklat tp kadang keluar-kadang tidak. Menurut dokter kandungan merupakan ancaman keguguran dan harus istirahat tp ada dokter kandungan yang lain berkata tidak mengangu aktivitas jadi tidak perlu kuatir. Yang ingin saya tanyakan dari 2 asumsi diatas yang benar yang mana dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih untuk jawabannya.(perempuan, 36 thn,148 cm,46 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat,

Terimakasih atas kepercayaannya. Saya dapat memahami kekhawatiran anda saat ini.

Perdarahan dari vagina memang dapat terjadi selama kehamilan, terutama dalam trimester pertama. Sebanyak 30% ibu hamil mengeluh timbul perdarahan dari vagina atau timbul bercak perdarahan (spotting) pada waktu-waktu tertentu selama kehamilan. Penyebabnya bervariasi dari keguguran, infeksi organ reproduksi, kelainan plasenta (ari-ari), kehamilan di luar kandungan, aktivitas seksual hingga perdarahan saat implantasi yang tidak berbahaya.


Pada trimester pertama kehamilan, perdarahan atau spotting umumnya disebabkan oleh implantasi hasil pembuahan ke dinding rahim yang menyebabkan robekan pada beberapa pembuluh darah di dinding rahim. Darah tersebut memerlukan waktu beberapa hari untuk keluar sehingga saat keluar darah telah berubah warna menjadi merah muda/pink hingga coklat.

Yang menjadi perhatian adalah apabila darah yang keluar berwarna merah darah segar, dalam jumlah banyak, terutama bila disertai keluhan kram perut atau keluar gumpalan darah. Hal ini bisa jadi merupakan pertanda kondisi yang lebih serius dan membutuhkan perawatan optimal oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

“Berapa lama keluhan flek anda timbul?”

“Apakah anda juga mengeluh nyeri/kram perut?”

Kedua pendapat dokter spesialis kebidanan dan kandungan anda tidak salah. Ancaman keguguran dan implantasi hasil pembuahan memang merupakan penyebab tersering timbulnya perdarahan dari vagina saat trimester pertama. Tentunya kedua dokter anda juga telah melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menyingkirkan kondisi medis lain yang mungkin hingga sampai pada kesimpulannya masing-masing. Sayang saya tidak memiliki data hasil pemeriksaan anda sehingga saya tidak dapat memberikan jawaban memuaskan seperti yang anda harapkan.

Bagaimanapun, apapun penyebabnya, istirahat dan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang cukup sangat penting dilakukan oleh ibu hamil. Jangan lupa untuk senantiasa memeriksakan kondisi kehamilan anda secara periodik. Untuk mengetahui hal-hal yang anda perlukan selama kehamilan anda dapat mengakses Rubrik Kehamilan dan Kandungan kami.

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat membantu. (SO)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar