Sukses

Pemeriksaan TORCH saat hamil

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 27 tahun.
Siang dok, saya punya pengalaman abortus kompleks waktu hamil sekitar 6 minggu itu terjadi tgl 23 jan dan sejak saat itu saya tidak pernah mens dan ternyata saya dikatakan hamil menurut perkiraan dokter berarti memasuki minggu 8. saya blm disuruh test apapun oleh dokter, dokter hanya memberikan emineton, dan duphaston untuk waktu 2 minggu. saya ingin bertanya apakah saya sebaiknya test tokso/thorc walo tidak diminta oleh dokter? dan bagaimana cara saya menjaga agar tdk keguguran lagi? saya merasa sakit diperut saat saya peregangan badan seperti mengulet dan memutar pinggang ke kanan-kiri apakah itu beresiko trhdp perkembangan janin? terima kasih sebelummnya dok. ( perempuan, 27 thn,160 cm,59 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Saya ingin mengonfirmasi data yang anda berikan mengenai pernyataan mengenai 'abortus kompleks', mungkin yang anda maksud adalah 'abortus komplit'? karena terminasi 'abortus kompleks' tidak didapatkan di dalam dunia kedokteran.

Abortus adalah pengakhiran kehamilan sebelum usia 20 minggu kehamilan atau berat bayi kurang dari 500 g (ketika janin belum dapat hidup di luar kandungan). Penyebab abortus spontan bervariasi meliputi infeksi, faktor hormonal, kelainan bentuk rahim, faktor imunologi (kekebalan tubuh),  dan penyakit dari ibu.

Apakah ini abortus pertama kalinya atau sudah berulang? Abortus spontan seperti yang saya sebutkan di atas banyak penyebabnya. Ada pula yang memang karena faktor eksternal seperti terlalu lelah atau trauma. Apakah penyebab abortus anda kemarin menurut dokter?

Apabila memang sudah berulang maka disarankan untuk melakukan beberapa pemeriksaan untuk mencari penyebab dari abortus tersebut. Penyebab paling banyak adalah infeksi atau TORCH. Infeksi TORCH sendiri selain dapat menyebabkan keguguran juga dapat menyebabkan gangguan perkembangan janin. Pada ibu hamil, terutama yang memiliki faktor risiko, disarankan untuk melakukan pemeriksaan TORCH ketika dia hamil.

Jadi memang tidak ada salahnya apabila anda ingin melakukan pemeriksaan tersebut. Akan lebih baik lagi apabila anda berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan anda terlebih dahulu. Mengulet dapat berarti meregangkan tubuh terlalu berlebihan sehingga terdapat keluhan nyeri. Apabila anda ingin bergerak, pastikan tidak terlalu meregang. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar