Sukses

Cara membuat gigi putih alami

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 17 tahun.
Sakit pada gigi warna gigi kurang putih apa yang harus saya lakukan untuk membuat gigi tampak lebih putih alami?( perempuan, 17 thn,39 cm,157 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Pola makan dan kebiasaan berpengaruh besar terhadap tampilan gigi. Hampir semua jenis makanan dan minuman mengandung zat warna, baik yang alami maupun sintetik, dan zat warna tersebut dapat memasuki permukaan email gigi. Oleh karena itu orang yang memiliki kebiasaan minum kopi, teh, atau merokok biasanya memiliki gigi yang cenderung lebih kuning. Oleh karena itu perhatikan pola makan, dan tingkatkan kebersihan gigi.

Karies juga dapat mengganggu estetika gigi, apalagi bila terjadi di gigi depan, karena jaringan karies berwarna kuning kecoklatan atau kehitaman. Jadi bila sudah terjadi karies di gigi depan segera kunjungi dokter gigi untuk ditambal. Terkadang pasien tidak menyadari bahwa di giginya sudah terjadi proses karies, itulah sebabnya disarankan untuk memeriksakan gigi ke dokter gigi minimal 6 bulan atau setahun sekali.

Proses karies diawali dengan hilangnya mineral-mineral gigi yang larut oleh asam hasil metabolisme bakteri. Saat ini telah dipasarkan suatu produk yang mengandung kasein susu (yang terkenal dengan singkatan CPP-ACP), bentuknya seperti pasta di dalam tube tapi bukan sikat gigi. Menurut banyak penelitian, penggunaan produk tersebut menyebabkan terjadinya proses peletakan mineral gigi (remineralisasi gigi). Terutama bila sudah terlihat lesi putih (tanda awal karies gigi) atau pada penderita kelainan pada email gigi, penggunaan pasta CPP-ACP dapat memperbaiki tampilan gigi secara cukup signifikan.

Demikian penjelasan saya, semoga cukup membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar