Sukses

Susu formula atau susu kotak

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 34 tahun.
Dok, anak saya yang bungsu umur 21 bulan, dan masih ASI, dan tidak mau minum susu formula. Untk memperkenalkan susu selain ASI, sudah saya coba beberapa merek susu formula tetapi dia tetap tidak mau, kemudian saya mendapat saran dari teman untuk mencoba memberikan susu UHT (susu kotak) dan sedikit demi sedikit dia mau (sehari 1 kotak). Pertanyaan saya : 1. Apakah perkembangan anak saya "kurang "maksimal" apabila tidak mengkonsumsi susu (selain ASI) ? 2. APakah benar susu UHT (susu kotak) lebih bagus dibanding susu Formula (kaleng)? 3. Apakah ada aturan untuk pemberian susu yoghurt untuk anak saya? Amankah yoghurt untuk anak seusia dia? Terima kasih.( perempuan, 34 thn,155 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang anda ajukan :

1. Apakah perkembangan anak saya "kurang "maksimal" apabila tidak mengkonsumsi susu (selain ASI) ?

Setelah 6 bulan ASI eksklusif, anak dianjurkan mengonsumsi susu formula karena kandungan berbagai mineral dan vitamin di dalamnya. Kandungan kalsium dan zat besi sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi, perkembangan sel darah, dan banyak lagi. Setelah usia 1 tahun, susu hanyalah makanan tambahan karena makanan utama dari anak sudah berupa makanan padat atau sama dengan orang dewasa. Susu umumnya dikonsumsi 2-4 botol/hari @120-240 cc. Apabila anak tidak mengonsumsi susu namun kebutuhan gizinya terpenuhi dari makanan padat, maka tidak ada masalah.


2. APakah benar susu UHT (susu kotak)  lebih bagus dibanding susu Formula (kaleng)?

Pada umumnya susu formula kaleng disesuaikan dengan usia anak karena pencernaan anak masih belum seluruhnya sempurna sedangkan susu kotak disamaratakan antara dewasa dan anak. Apabila anak sudah berusia 1 tahun ke atas dan sudah makan makanan dewasa maka tidak ada masalah untuk mengonsumsi susu kotak


3. Apakah ada aturan untuk pemberian susu yoghurt untuk anak saya? Amankah yoghurt untuk anak seusia dia?

Yoghurt baru mulai diperkenalkan pada anak usia 1-2 tahun karena dikhawatirkan adanya reaksi alergi pada anak. Setelah usia 1 tahun, berbagai macam produk susu dan seafood dapat mulai diperkenalkan satu per satu karena daya tahan tubuh anak yang sudah mulai meningkat.

Sekian jawaban dari saya, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar