Sukses

Gigi tambalan mulai rapuh

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 23 tahun.
Sakit pada gigi gigi graham yg sudah ditambal Terimakasih dok atas kesempatan dan waktunya, Nama saya intan saya punya keluhan pada gigi graham saya, awalnya bolong lalu saya kedokter, dokternya bilang jangan dicabut tapi ditambal saja, padahal saya maunya dicabut karena gigi geraham ini belum pernah ganti dari kecil. Saya menambal gigi waktu itu kelas 1 SD. Saat ini gigi yg bekas tambelan itu agak otek trus sudah rapuh disampingnya. kondisinya sudah tidak sehat sepertinya membusuk..karena sudah agak berbau karena bolong itu. Apa yg sebaiknya saya lakukan mencabutnya atau tidak?? tapi saya takut dok mohon penjelasannya Terimakasih ( perempuan, 23 thn,157 cm,51 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya gigi tersebut adalah gigi molar (geraham) permanen, bukan gigi sulung. Saya jelaskan sedikit ya, gigi geraham permanen ada 3.  Urutan gigi dari depan mulai dari tengah adalah gigi insisif (gigi seri) pertama, gigi insisif kedua, gigi kaninus (taring), gigi premolar (geraham kecil) pertama gigi premolar kedua, gigi molar pertama, kedua, dan di ujung terakhir terletak molar tiga.

Nah berkaitan dengan pertanyaan Anda, gigi molar 1 memang tidak menggantikan gigi susu manapun, karena gigi molar sulung akan digantikan oleh gigi premolar, dan gigi molar 1 sudah tumbuh sekitar umur 6-7 tahun, jadi pas bukan dengan saat Anda ditambal yaitu saat Anda duduk di kelas 1 SD.  Jadi Anda merasa bahwa gigi tersebut tidak pernah ganti dari kecil.

Mengingat tambalan tersebut sudah sedemikian lama, rasanya masuk akal bila sekarang sudah dalam kondisi tidak bagus, terutama bila pembersihan gigi kurang optimal. Namun rasanya sayang sekali jika dicabut, bila masih memungkinkan untuk dirawat sebisa mungkin gigi tersebut dipertahankan saja. Kalau memang syaraf gigi sudah tidak sehat maka perlu dilakukan perawatan saluran akar, namun dibutuhkan kerja sama dan kepatuhan Anda dalam memenuhi kunjungan yang dijadwalkan dokter gigi Anda, mengingat perawatan ini umumnya tidak dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan.

Demikian saran saya, semoga cukup membantu Anda. Terima kasih telah menggunakan fitur e-konsultasi Klikdokter.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar