Sukses

Kista dalam kehamilan

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 24 tahun.
Dear dokter, saya punya teman yang saat ini sedang hamil. usia kandungan 12 minggu, dan diketshui dia punya kista. bahaya ga ya buat janin? baiknya gimana ya?( perempuan, 24 thn,147 cm,57 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Sebelumnya perlu diketahui mengenai lokasi kistanya. Hampir semua kista pada ovarium yang ditemukan saat kehamilan bersifat jinak, bahkan beberapa dapat menghilang secara spontan. Namun masih terdapat kemungkinan keganasan, kista terpuntir ataupun robek yang tentunya dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, penting dilakukan pemeriksaan kehamilan secara berkala.

Kista di dalam kehamilan pada umumnya diobservasi selama kehamilan berlangsung. Apabila tidak ada masalah atau kista tidak membesar terlalu signifikan dalam kehamilan maka tidak perlu diangkat. Namun apabila kista semakin membesar dalam kehamilan maka kemungkinan kista tersebut harus diangkat. Akan dievaluasi risk dan benefit dari tindakan yang akan dilakukan. Konsultasikanlah hal ini secara langsung kepada dokter kebidanan dan kandungan. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar