Sukses

Sinusitis

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dokter yang saya hormati, Saat ini saya berada di luar negri yaitu Mesir dalam rangka studi. Setiap musim dingin, bau sampah (busuk) dan debu di rumah maupun dijalan, saya merasakan sakit yg bersangatan di hidung, mata, kepala dan gigi. Setelah saya periksa ke Dokter Akupuntur (Orang Indonesia), dia mengatakan saya terkena sinusitis. Dan telah melakukan 3 kali pengobatan tusuk jarum, namun karena Dokter tsb pulang ke Indonesia, pengobatan otomatis berhenti. Kemudian karena kembali sakit, saya periksakan ke Dokter THT (orang Mesir), dia mengatakan tidak sinusitis tapi sakit gigi. Memang setelah saya periksa gigi, kata Dokter gigi saya terkena gigi rapuh. Namun walau pun begitu, saya tetap ingin berkonsultasi dengan Dokter di Negara saya, karena bahasa yang lebih mudah dipahami dari pada bahasa arab. Untuk itu saya mohon bantuan Dokter, sebenarnya saya sakit apa? Bagaimana pencegahan dan pengobatannya? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuan Dokter.( perempuan, 25 thn,150 cm,48 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Nyeri pada daerah wajah yang anda alami memang mengarah ke dalam keluhan dari sinusitis atau radang pada daerah sinus.

Beberapa Faktor predisposisi atau faktor yang memperberat sinusitis adalah :

  • Obstruksi (penyumbatan) mekanik, seperti deviasi septum, pembesaran  konka, benda asing di hidung, polip, hingga tumor di hidung
  • Rhinitis alergika
  • Lingkungan : polusi, udara dingin dan kering

Lingkungan dalam hal ini adalah faktor yang mempengaruhi anda. Apalagi apabila anda sebelumnya memiliki riwayat alergi, bersin-bersin di pagi hari atau karena udara dingin/debu maka kemungkinan sinusitis semakin besar. Pencegahannya adalah menghindari faktor pencetus yaitu bau tersebut.

Namun analisa ini hanya berdasarkan data yang anda berikan. Untuk memastikannya tentu saja diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang dari dokter secara lagnsung. Mungkin anda dapat mencari dokter Indonesia di kedutaan agar lebih enak untuk berkonsultasi. Anda dapat membaca lebih lanjut mengenai sinusitis di artikel kami :

https://www.klikdokter.com/illness/detail/59

Sekian, semoga membantu (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar