Sukses

Saliva saat tidur ?

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 20 tahun.
pagi dok,, saya mau nanya, mengapa di saat tidur seseorang bisa mengeluarkan saliva yang banyak sehinga timbul semacam pulau-pulau di bantal? bukankah saat tidur jumlah saliva menurun? dan apa penyebabnya terjadi hal seperti it,,dan bagaima cara mengatasinya? terimakasih ( perempuan, 20 thn,158 cm,49 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang terhormat,

Produksi saliva pada orang normal memang menurun saat sedang tidur, namun penelanan yang terjadi juga tidak sesering pada saat kita tidak sedang tidur sehingga terjadilah drooling karena saliva tidak tertelan dan mengalir keluar mulut.

Kondisi ini dapat disebabkan karena gangguan penelanan, atau karena disfungsi neuromuskular dan sensorik. Selain itu juga dapat disebabkan hipersekresi saliva dan juga dipengaruhi posisi pada saat tidur. Orang yang bernafas melalui mulut (mouth breather) dan orang dengan gangguan pernafasan juga lebih besar kemungkinan untuk mengalami drooling saat tidur. Bernafas melalui mulut bisa dikatakan sebagai indikator adanya masalah pernafasan yang menghalangi seseorang bernafas melalui hidung sebagaimana biasa.

Bila seseorang tidur dengan mulut dengan mulut terbuka, lebih mungkin untuk terjadi drooling karena kelenjar saliva terstimulasi. Saliva akan terkumpul di rongga mulut dan mengalir keluar. Menurut beberapa sumber, stress dan tekanan dapat memicu seseorang untuk bernafas melalui mulut pada sebagian kasus. Dengan demikian orang yang sedang stress atau mengalami tekanan berat juga lebih mudah untuk drooling.

 Bila hal ini sangat mengganggu bagi penderita, dan terjadi dengan frekuensi yang cukup sering dan dalam jumlah banyak, ada baiknya penderita berkonsultasi ke dr. spesialis THT agar organ pernapasan dapat diperiksa secara menyeluruh. Selain itu, penderita juga dapat mencoba untuk memperbaik posisi tidur dan selalu tidur dalam posisi terlentang. Atau gunakan bantal dengan pengganjal yang cukup nyaman untuk mencegah posisi kepala menyamping agar saliva tidak mudah mengalir keluar mulut.

Demikian penjelasan saya, semoga cukup membantu Anda.

Drg. Martha Mozartha

    0 Komentar

    Belum ada komentar