Sukses

Efek samping Ketoconazole

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 20 tahun.
Sore Dok.. saya ingin bertanya tentang efek samping dari obat ketokonazol dalam bentuk tablet. ? dan anjuran dosis yang tepat untuk dewasa bagaimana. ? trims Dok.( perempuan, 20 thn,162 cm,45 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salah satu efek samping penggunaan ketoconazole secara minum (tablet) adalah kerusakan sel-sel hati (hepar). Karena itu, sebelum dimulai pengobatan ini perlu diketahui dulu apakah ada gejala-gejala gangguan fungsi hati seperti riwayat kulit atau mata yang berwarna kuning, nyeri perut, mual dan muntah, urin berwana lebih gelap, dan pembesaran hati. Bila perlu, dilakukan pemeriksaan laboratorum fungsi hati sebelum mulai mengkonsumsi obat tersebut. Perlu juga diperhatikan apakah pada saat yang bersama, diminum juga obat-obat lain yang memiliki efek toksik terhadap hati, seperti obat tuberkulosis paru. Jika pada perjalanannya, timbul gejala-gejala di atas, sebaiknya hentikan konsumsi obat tersebut, dan hubungi dokter.

Pada pria, konsumsi ketoconazole pada dosis tertentu, juga menunjukkan penurunan kadar testosteron dalam darah, yang akan kembali normal setelah pemberiannya dihentikan.Dosis yang diberikan tentunya tergantung dari penyakitnya, antara 200 - 400 mg (1 - 2 tablet) per hari.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar