Sukses

Cara memastikan kehamilan?

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 35 tahun.
selamat pagi, dok. saya menikah bln agustus 2008. saya dan suami berencana untuk segera memiliki anak. saya mempunyai siklus menstruasi teratur 28 hari. pernah paling telat sebelum menikah 29 hari. pada bulan desember 2008 saya terlambat 3 hari, begitu juga pada bulan januari 2009. saya mendapat haid terakhir 31 januari 2009. sampai tgl 5 maret 2009 saya belum mendapat haid, saya coba test pack dg sensitif hasilnya negatif. pada tgl 6 maret 2009 pagi hari dipakaian dalam saya terdapat bercak darah dan pada saat buang air kecil keluar spt keputihan berwarna merah. saya mengenakan pembalut 1 harian selama bekerja, dan malam hari di rumah, tapi pembalut saya bersih. tidak ada darah haid sama sekali. selama beberapa minggu bulan februari saya tidak mengalami payudara kencang spt menjelang haid, saya sering buang air kecil baik siang maupun malam hari, saya cepat merasa lapar, dan mual pada pagi hari. sebaiknya apa tindakan yg harus saya lakukan. apakah saya langsung konsultasi ke dokter? atau menunggu sampai 2 minggu dan mencoba test pack lagi? mohon saran dari dokter. karena saya dan suami sangat ingin mempunyai keturunan dan mengingat usia saya yg sudah 35th. saya berterimakasih atas banutuan dokter. salam( perempuan, 35 thn,155 cm,70 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. Dilihat dari pemaparan Ibu, memang ada kemungkinan Ibu hamil. Tanda-tanda tidak pasti kehamilan, salah satunya memang keterlambatan haid. Selain itu, Ibu juga mengalami payudara terasa kencang dan mual di pagi hari. Darah yang keluar pada tanggal 6 Maret 2009, dapat berupa implantation bleeding, yaitu perdarahan dalam jumlah sedikit yang terjadi sewaktu sel telur yang sudah dibuahi menempel pada dinding bagian dalam rahim.

Menurut saya, Ibu dapat melakukan kembali pemeriksaan dengan test-pack. Hasil yang positif memperbesar kemungkinan hamil, dkarena itu berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan 2 atau 3 minggu dari sekarang untuk dilakukan pemeriksaan ultrasonografi. Pemeriksaan ultrasonografi ini dilakukan untuk memastikan terjadinya kehamilan dalam rahim, mengevaluasi kecurigaan kehamilan di luar rahim, mengestimasi usia kehamilan, mendiagnosis atau mengevaluasi kehamilan kembar, untuk mengkonfirmasi aktivitas jantung, medeteksi adanya anomali atau kelainan janin, dan untuk mengevaluasi adanya abnormalitas rahim.

Ibu dapat membaca lebih lanjut mengenai kehamilan pada rubrik Kebidanan dan Kandungan kami: http://kehamilan.klikdokter.com.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar