Sukses

Anak demam tinggi

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 28 tahun.
sy mohon tlg dijawab secepatnya karena skrg anak sya berumur 1 thn sedang pans sekitar 39 derajat dan sdh 2 kl sy kasih obat praxion tp ttp tidak turun jg sdh sy kompres tetap tdk turun hanya sebentar reda lalu panas kembali ( perempuan, 28 thn,167 cm,73 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Demam merupakan reaksi tubuh terhadap infeksi. Demam karena infeksi sangat jarang dapat mencapai suhu lebih dari 41 derajat Celcius, sehingga tidak berbahaya untuk otak. Pada anak usia 4 bulan sampai 6 tahun, kenaikan suhu tubuh yang tinggi dalam waktu singkat dapat menyebabkan kejang. Namun, kejang biasanya hanya berlangsung sebentar (5 menit) dan sangat jarang berbahaya untuk otak anak.

Untuk saat ini tindakan Ibu sudah benar, yaitu memberikan obat penurun panas dan melakukan kompres. Obat panas harus diberikan sesuai petunjuknya, agar tidak berlebih dosis yang diberikan. Kompres yang digunakan sebaiknya dengan air biasa (bukan air dingin atau air es), taruh di dahi, kedua ketiak, dan lipat paha. Pastikan bahwa anak banyak minum, karena demam juga dapat mengakibatkan keadaan dehidrasi. Jika dan saat anak kejang, jangan berikan minum. Tunggu sampai kejang berhenti, lalu bawa ke dokter. Dokter tersebut akan memberikan obat penurun panas serta obat anti kejang yang diberikan lewat lubang pantat. Jika anak kurang minum pun sebaiknya segera dibawa ke dokter.

Apakah ada gejala-gejala lain yang anak Ibu tunjukkan, seperti batuk yang berbunyi, pilek dengan sekret kental atau berwarna kuning-hijau, sesak napas, diare, dll? Jika ya, gejala-gejala tersebut dapat mengarahkan kemungkinan diagnosis. Pada keadaan infeksi bakteri, ada obat tambahan berupa antibiotik yang harus diberikan. Bagaimanapun juga, sebaiknya Ibu membawa anak Ibu ke dokter, untuk dipastikan infeksi yang terjadi, pemberian cairan jika diperlukan, serta obat tambahan seperti antibiotik, jika memang diperlukan.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu, (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar