Sukses

Anak susah makan

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 24 tahun.
Slamat siang Dok Knapa ya anak saya koq susah sekali makannya? ( perempuan, 24 thn,149 cm,50 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertama-tama saya perlu menanyakan usia, berat badan, serta tinggi badan anak Ibu, sehingga dapat diperkirakan status gizinya. Akan lebih baik apabila kita telusuri terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab dari anak susah makan. Pada umumnya anak sulit makan dikarenakan berbagai macam faktor. Berawal dari anak mulai mandiri dan merasa berhak untuk mengatur selera makannya sampai adanya gangguan atau kelainan pola makan.

Yang perlu diperhatikan disini adalah, "Apakah anak kita bergizi cukup?" Apabila memang makannya kurang namun dalam makanan yang diasupnya terkandung nutrisi lengkap dan pertumbuhannya sesuai dengan umurnya, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Perhatikan juga, apakah anak anda sering sakit? Anak yang sering sakit umumnya memang berkurang selera makannya. Bila anak sering sakit, ada baiknya periksa ke dokter anak, sebab bisa jadi ada proses yang sifatnya kronis, atau bisa juga ada masalah lain yang belum diketahui, misalnya ada suatu infeksi.

Beberapa hal yang dapat saya sarankan untuk membuat si kecil mau makan diantaranya :

  • Mengurangi cemilan yang membuat anak kenyang Jangan biarkan anak terlalu sering jajan di luar makanan utama karena dapat menyebabkan anak kenyang. Jika terlalu sering jajan, dia tidak akan merasa lapar saat tiba saatnya makan, selain itu cakupan gizi dalam jajanan tersebut belum tentu mencukupi kebutuhan anak.
  • Buat suasana makan yang menyenangkan bagi anak. Sajikan makanan yang cukup bervariasi kepada anak sehingga anak tidak bosan. Buatlah suasana yang menimbulkan anggapan bahwa makan adalah sesuatu yang menyenangkan. Jangan cepat menyerah jika anak tidak menyukai makanan yang kita tawarkan. Coba ulangi lagi dengan suasana yang berbeda
  • Tambahkan susu secukupnya Jangan berikan susu pada anak dalam jumlah berlebihan. Cukup 2-3 gelas susu sehari. Jumlah susu yang berlebihan akan menyebabkan anak kekenyangan sehingga anak tidak mau makan lagi.
  • Berikan jadwal makan teratur dalam jumlah yang kecil, jangan paksa anak menghabiskan makanannya
  • Hindari menunjukkan wajah khawatir atau marah ketika anak tidak mau makan. Perhatian terhadap kelakuan anak yang kurang baik justru dapat membuat anak terus melakukannya lagi
  • Bila anak mau makan atau mau menghabiskan makanannya maka berilah pujian
  • Jangan biarkan anak minum dalam jumlah banyak sesaat sebelum makan. Minum dapat membuat kenyang dan membuat anak tidak mau makan.

Di luar hal-hal tersebut, defisiensi atau kurangnya asupan vitamin, khususnya kompleks vitamin B (penting dalam metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak) dan vitamin C, dapat mengakibatkan penurunan nafsu makan. Sebetulnya vitamin tidak memiliki efek pada nafsu makan tapi membantu tubuh dalam menggunakan atau menyerap nutrien dari makanan. Karena itu, dengan mengembalikan keseimbangan vitamin dalam tubuh, nafsu makan dapat meningkat. Jika keseimbangan vitamin belum dapat dicapai dengan makanan yang sehari-hari dimakan, dapat dibantu dengan pemberian suplemen multivitamin. Seperti yang telah disebutkan di atas, multivitamin tersebut terutama harus mengandung kompleks vitamin B dan vitamin C, selain vitamin A, D, dll. Untuk anak di atas 1 tahun, multivitamin dalam sediaan sirup cukup diberikan 1 sendok sehari.

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

Terimakasih.

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar