Sukses

Obat kelainan jantung bawaan

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 0 tahun.
Kepada Yth
Tim Dokter e-konsultasi Di tempat.
Mohon informasinya :
1. Apakah LASIX dan FRUSEMIDE adalah SAMA ? obat tsb utk mengobati penyakit apa ?
2. Apakah captopril, lasix, aldactone, sildenafil dapat digunakan di rumah utk bayi yang terkena penyakit jantung bawaan ? sebelumnya obat tsb diberikan selama perawatan di RS.
Mohon penjelasan dokter. Terima kasih (Perempuan, 35 thn, 156cm, 57kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang terhomat,

Terimkasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Lasix merupakan nama dagang furosemide . Obat tersebut bekerja pada Loop of Henle pada ginjal, dan memiliki efek diuretik yaitu mengeluarkan cairan dari dalam tubuh melalui urin, karena itu pada penggunaanya, pasien akan mengalami peningkatan frekuensi Buang Air Kecil (BAK). Sedangkan Aldacton merupakan nama dagang spironolactone yang juga memiliki efek diuretik. Pada keadaan kelainan jantung bawaan, obat ini diberikan untuk mengeluarkan cairan sehingga dapat mengurangi beban jantung tersebut.

Kaptopril merupakan ACE-Inhibitor yang memiliki efek menurunkan resistensi pembuluh darah arteri dan meningkatkan kapasitas pembuluh darah vena, sehingga menurunkan tekanan darah dan mengurangi beban jantung. Sedangkan sildenafil efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pembuluh darah di paru yang memang dapat ditemukan pada pasien dengan kelainan jantung bawaan.

Obat-obat ini diberikan atas indikasi yang telah disebutkan di atas. Pemberian obat-obat tersebut di rumah tentunya tergantung keadaan anak. Penggunaannya pun harus sesuai petunjuk dokter yang meresepkan.  

Demikian penjelasan yang dapat saya berikan. Semoga membantu. (PNA)

 

Terimakasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar