Sukses

Mengompol karena obat rematik?

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Pria, 37 tahun.
Dokter, sy di diagnosa menderita artritis reumatoid. Kemudian di beri obat arava, mexpharm, triamcort. Setelah meinum obat tsb memang nyeri sendi sy berkurang. Masalahnya kalau malam tidur jadi suka ngompol (dulu tdk pernah). Apa efek samping dr obat tsb memang bgt. Mohon penjelasan dan sarannya?( laki-laki, 37 thn,175 cm,78 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Artritis Reumatoid (AR) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit otoimun sistemik yang menyebabkan peradangan pada sendi. Penyakit ini ditandai oleh peradangan sinovium yang menetap, suatu sinovitis proliferatifa kronik non spesifik.

Arava memiliki bahan aktif leflunomide yang termasuk di dalam Disease-Modifying Anti-Rheumatic Drugs (DMARDs) atau obat khusus rematik. Efek samping dari  leflunomide  adalah gangguan pencernaan, sakit kepala, gangguan sensasi, rambut rontok, kulit kering, alergi, dan hiperlipidemia (peningkatan kadar lemak dan kolesterol tubuh).

Mexpharm memiliki bahan aktif meloxicam yang termasuk di dalam golongan NSAIDs (antiradang). Efek samping dari meloxicam adalah gangguan pencernaan, sulit BAB, diare, anemia, gatal, sakit kepala, dan edema (bengkak).

Triamcort memiliki bahan aktif triamcinolone yang termasuk di dalam golongan hormon steroid. Efek samping dari obat ini adalah gagal jantung, hipotensi (tekanan darah rendah), glaukoma, retensi cairan, osteoporosis, dan miastenia gravis.

Jadi dari ketiga obat tersebut tidak ada yang memiliki efek samping inkontinensia urin atau ketidakmampuan menahan BAK. SAya sarankan agar anda berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar