Sukses

Gangguan menstruasi setelah keguguran

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 29 tahun.
Dokter yang saya hormati... Saya menikah 1.5 tahun yl..pada kehamilan 4 minggu di bulan nov'08 saya keguguran spontan tapi tidak dikuret oleh dokter hanya diberikan obat karenanya rahim sudah bersih..setelah keguguran tersebut menstruasi yang saya dapatkan hingga bulan ini amat sangat kacau..dalam satu bulan saya bisa 2 minggu mens pada desember dan januari mens saya 1 minggu mens lalu 1 minggu bersih begitu seterusnya dalam 2 bulan pada feb 2009 mens tgl 02 feb dan berakhir 16 feb 2009...ada apa ini dok???saya sudah konsultasi dengan dokter hanya diberikan obat-2an malah darah mens saya kluar banyak...dan awal maret ini saya belum mendapatkan mens lagi yang jadi pertanyaan saya : 1..Apakah saya mengalami gangguan hormon??? 2..Obat ato Vitamin apa yang harus saya beli bebas di apotik mengingat saya kerja dan tinggal di Taiwan.. 3..Saya ingin segeran hamil..bagaimana saya bisa hamil klo slalu mens dan pada saat tidak mens/bersih pas dibuat ML malah berdarah lagi..Mengapa ya dok?? 4..Dengan terlambatnya mens saya dibulan maret ini hamilkah saya dok??akan tetapi saya tdk mengalami gejala hamil pada umumnya hanya saja jika pg hari suhu badan saya agak panas.. 5..Kapan dan bagaimana caranya agar saya bisa secepatnya hamil kembali?? Ma'af klo pertanyaannya banyak krn saya awam banget bdan kehamilan yang lalu karena saya sendiri tidak tau klo hamil sebelum dan sesudahnya Terima Kasih atas penjelasannya..Tuhan Memberkati( perempuan, 29 thn,160 cm,63 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Saya akan mencoba menjawab beberapa pertanyaan yang anda ajukan :

1.Apakah saya mengalami gangguan hormon?

Mungkin anda kurang memberikan data satu lagi, apakah siklus menstruasi anda sebelum ini normal? Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Yang anda alami sekarang memang gangguan menstruasi atau disebut dengan metromenoragi yaitu perdarahan ireguler diantara waktu menstruasi dan perpanjangan masa menstruasi.

Metroragia dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah :

  • endometriosis

  • gangguan keseimbangan hormonal

  • hiperplasia endometrium

  • polip

  • kanker leher rahim

  • mioma uteri

  • penggunaan spiral atau kontrasepsi oral (pil KB)

  • dan banyak lagi

2. Obat ato Vitamin apa yang harus saya beli bebas di apotik mengingat saya kerja dan tinggal di Taiwan?

Terapi akan disesuaikan dengan penyebabnya, karena itu ibu sebaiknya berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan

3..Saya ingin segera hamil. bagaimana saya bisa hamil klo slalu mens dan pada saat tidak mens/bersih pas dibuat ML malah berdarah lagi..Mengapa ya dok?

Kondisi ibu memerlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti USG dan pemeriksaan tes hormonal untuk mengetahui apa penyebab dari perdarahan terus menerus yang ibu alami. Cari terlebih dahulu penyebabnya baru kemudian memikirkan mengenai rencana kehamilan

4..Dengan terlambatnya mens saya dibulan maret ini hamilkah saya dok??akan tetapi saya tdk mengalami gejala hamil pada umumnya hanya saja jika pg hari suhu badan saya agak panas.

Belum tentu hamil. Tanda pasti kehamilan ditentukan berdasarkan pemeriksaan hormon B-hCG dan USG

5..Kapan dan bagaimana caranya agar saya bisa secepatnya hamil kembali?

Setelah mengalami keguguran umumnya tidak disarankan hamil selama 3 bulan. Setelah 3 bulan ibu dapat mulai merencanakan kehamilan.

Beberapa saran saya agar ibu lebih cepat hamil adalah menerapkan pola hidup sehat yaitu :

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol

  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas

  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio

  • Asupan nutrisi yang adekuat, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup

  • Melakukan hubungan intim pada waktu yang tepat

  • Lakukan hubungan intim 3x/minggu

Jangan lupa banyak-banyaklah berdoa agar ibu dapat kembali hamil lagi. Sekian, semoga membantu. (TRH)

 

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar