Sukses

Mengatasi bayi sungsang

20 Oct 2014, 10:11 WIB
Wanita, 25 tahun.
saat ini usia kehamilan saya 35 minggu. dokter menyatakan bayi saya sungsang tapi masih ada kemungkinan bisa kembali normal ditunggu sampai 2 minggu. dan menyarankan untuk senam hamil tiap hari dan sering nungging seperti orang yang sedang mengepel lantai. adakah cara lain? karena saya ingin sekali melahirkan secara normal.( perempuan, 25 thn,160 cm,65 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu / saudari yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Cara yang disarankan oleh dokter anda adalah cara yang paling aman untuk membuat bayi yang sungsang berada pada posisi kepala. Ada cara lain yaitu disebut dengan versi luar. Versi luar adalah cara mengembalikan posisi bayi sungsang ke dalam posisi kepala secara manual dari luar oleh tenaga ahli (dokter). Namun versi luar ini memiliki risiko komplikasi diantaranya adalah janin terlilit tali pusar atau terjadi gawat janin ketika sedang dilakukan versi luar.

Versi luar saat ini jarang dilakukan karena potensi komplikasi yang mungkin terjadi. Cara manual berupa senam dan posisi orang nungging adalah cara paling aman. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima kasih.

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar