Sukses

Terapi leukemia
20 Oct 2014, 10:11 WIB
Pria, 30 tahun.
saya mau tanya, saya mempunyai saudara laki laki dy divonis menderita leukimia. katanya baru gejalanya. namun,... saya ingin sekali membantunya. yang saya ingin tanyakan apa yang harus saya lakukan? apakah leukimia dini bisa disembuhkan?? selain kemoteraphy adakah cara lain?? karena jujur saja kami tidak sanggup memabayar untuk kemo. mohon amat sangat sarannya. terimakasih sebelumnya( laki-laki, 30 thn,170 cm,55 Kg)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. Apakah data dasar yang anda isi adalah data dasar anda atau saudara laki-laki anda? karena leukimia dapat terjadi pada dewasa dan anak-anak dimana penjelasan untuk kedua leukimia tersebut berbeda.

Saya anggap saja data dasar yang anda isi (laki-laki, 30 thn,170 cm,55 Kg) adalah data dasar saudara anda. Leukimia dibagi ke dalam 4 subtipe yaitu :

  1. leukemia mielositik kronik
  2. leukimia mielositik akut
  3. leukemia limfositik kronik
  4. leukimia mielositik kronik

Pengobatan yang diberikan bergantung pada subtipe yang didapatkan. Terapi utama pada penderita leukimia adalah kemoterapi. Lebih dari 90% penderita dapat dikendalikan penyakitnya setelah kemoterapi awal namun yang menjanjikan kesembuhkan bagi penderita leukimia hanya pencangkokan sumsum tulang.

Tujuan dari kemoterapi yang dilakukan adalah mencapai remisi total, yang berarti pasien bebas dari penyakit dan tidak kambuh lagi. Setelah diberikan pengobatan awal akan diberikan pengobatan tambahan (konsolidasi) untuk menghancurkan sisa-sisa sel leukemik.

 

Kondisi saudara anda saat ini masih dini atau dalam artian leukimia yang terjadi kemungkinan masih stadium satu dan masih belum menyebar. Untuk memastikannya umumnya dilakukan aspirasi sumsum tulang untuk memastikan diagnosis leukimia. Kemungkinan penyembuhan cukup besar apabila pasien diterapi sejak dini. Sekian, semoga membantu. (TRH)

Terima Kasih

(Tim Redaksi Klikdokter)

    0 Komentar

    Belum ada komentar